Web 2.0 :: Era Baru Dalam Dunia Web

Apa itu Web 2.0 ?

Web 2.0 merupakan istilah yang dicetuskan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004, untuk mendefinisikan generasi baru layanan berbasis web, yang menitikberatkan pada kolaborasi online antar penggunanya.

Berikut ini merupakan perbandingan antara generasi Web 2.0 dan Web 1.0

 web 1.0 and web 2.0

ari perbandingan diatas tampak jelas bahwa pada Web 1.0 masih mengandalkan Administrator dari web untuk mengurusi content dari web, tetapi pada Web 2.0 Content website di tentukan oleh partisipasi dari pengguna website, contohnya saja Wikipedia. Pada Web 2.0 periklanan yang memanfaatkan web sebagai media promosi, juga menggunakan perhitungan cost per click bukan page view, sehingga para pengiklan hanya akan membayar jika iklan mereka di klik,

Ciri – Ciri Web 2.0

  1. Rich User Interface

Web 2.0 mmempunyai interface yang mirip dengan aplikasi desktop. Contohnya saya Yahoo! Mail yang mirip Outlook Express, atau Meebo yang membuat Yahoo! Messenger berbasis web. Untuk membuat website seperti aplikasi desktop, pada Web 2.0 mengimplimentasikan AJAX untuk mengirim dan request data ke server.

  1. Partipasi User

Dalam Web 2.0 partisipasi user sangat di tonjolkan. Contohnya saja Flickr dan Wikipedia. Kedua situs tersebut seluruh contentnya berasal dari user dan user dapat melihat content yang dibuat oleh user lain.

  1. Dynamic Content

Content dalam Web 2.0 selalu berubah atau sering diupdate. Contohnya saja Wikipedia yang contentnya selau berubah .

  1. Valid Markup

Web 2.0 harus mengikuti Web Standars atau harus memiliki sintaks yang benar sesuai standar dari W3C.


Teknologi Web 2.0

1. Ajax

Ajax (Asynchronous JavaScript and XML) merupakan bahasa pemrograman yang memanfaatkan JavaScript dan XML. Dengan Ajax web akan menjadi lebih interaktif dan lebih mudah diakses. Dengan Ajax kita tidak perlu meload semua halaman website jika ingin mengetahui perubahan suatu bagian dalam halaman web. Contohnya saja jika kita menggunakan Yahoo! Mail Beta, jika kita meklik suatu email maka yang akan berubah hanyalah bagian untuk menampilkan isi email saja.

Keuntungan :

Dengan Ajax Web akan dapat menyerupai aplikasi desktop, sehingga lebih interaktif.

Kerugian :

Karena menggunakan JavaScript, maka kemungkinan terjadi error sangat tinggi, untuk itu perlu dilakukan pengujian pada berbagai macam platform yang berbeda.

Ada sebagain orang yang mendisable JavaScript pada browsernya untuk alasan an security, hal ini dapat menyebabkan Ajax tidak berjalan..

Jika kita mnggunakan Ajax, maka oengunjung situs kita tidak akan bisa menggunakan tombol Back pada Browser.

2. Syndication

Merupakan suatu cara agar orang dapat mengetahui dan membaca isi dari website kita tanpa menunjungi website kita. Syndication biasanya berbentuk RSS yang dapat dibaca menggunakan RSS reader atau ditampilkan pada website dengan CSS.

Contoh – Contoh Web 2.0 : http://www.seomoz.org/web2.0/ – SEOMOZ Web 2.0 Awards.

You may also like...

4 Responses

  1. January 3, 2008

    […] ini sedang marak-maraknya Web 2.0. Salah satu ciri Web 2.0 adalah digunakannya Ajax dalam pembuatannya. Contoh Web 2.0 adalah Google […]

  2. October 23, 2008
  3. December 18, 2008
  4. December 18, 2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *