Tips Mencari Informasi di Internet

Tidak bisa dipungkiri Internet merupakan sumber berbagai informasi terbesar di dunia ini. Berbagai macam informasi dapat kita cari di Internet. Tetapi dengan banyak informasi yang ada di Internet, kita harus pandai – pandai mencari informasi di Internet, karena tidak mungkin kita mallah tidak menemukan informasi yang kita cari dengan banyaknya informasi yang ada. Oleh karena itu saya akan mencoba memberikan tips bagaima mencari informasi yang efektif di Internet.

Mencari di Wikipedia

Wikipedia merupakan suatu website penyedia informasi, yang isinya ditulis oleh ribuat penulis dari bidangnya masing-masing. Berbagai macam istilah dari berbgai bidang ilmu dapat kita temukan disini. Untuk mengoptimalkan pencarian di Wikipedia, berikut ini tipsnya :

  • Mencari di bahasa lain

Jika Anda mencari suatu istilah dalam bahasa Indonesia, tetapi dalam hasil pencarian kurang memuaskan, coba lihat hasilnya pada bahasa lain, terutama bahasa Inggris, karena biasanya bahasa inggris menyediakan informasi yang lebih daripada versi bahasa Indonesianya. Untuk melihat hasil pencarian dalam bahasa lain, cari menu Bahasa Lain pada panel sebelah kira bawah pada web Wikipedia.

  • Mencari di Refences

Jika Anda merasa informasi dari Wikipedia kurang memuaskan, coba scroll kebawah penjelasan dari istilah yang dicari. Disitu ada menu bernama References yang berisi referensi lain yang berkaitan dengan istilah yang sedang Anda lihat.

Mencari di Google

Jika mencari informasi Google tetapi tidak menemukan hasil yang memuaskan, Anda bisa menggunkan tips berikut ini :

  • Mencari di dalam File

Sering kali informasi yang kita cari berada disuatu file Power Point atau PDF. Meskipun dalam hasil pencarian Google juga diserjakan file Power point atau PDF, tetapi supaya hasil pencarian hanya berupa file Poer Point saja, tambah +ppt pada keyword Anda.

computer+ppt

computer+pdf

computer+doc

  • Mencari dengan Images Search

Klik pada link Images, kemudian masukan keyword yang ingin Anda cari. Klik pada salah satu gambar yang Anda anggap paling relevant dengan informasi yang Anda inginkan. Pada halaman selanjutnya lihatlah isi website yang memuat gambar tersebut, biasanya di website tersebut juga memuat informasi sesuai dengan keyword yang Anda masukan.

  • Mencari di Website yang isinya hampir sama

Jika Anda menemukan suatu website dimana Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda cari, tetapi Anda ingin informasi yang lebih, Anda menggunkan Google untuk mencari website yang mempunyai isi kurang lebih hampir sama. Misalnya Anda ingin mencari website yang mirip Wikipedia, gunkaan keyword :

related:www.wikipedia.com

Mencari di Foum Disksusi

Forum diskusi merupakan tempat dimana orang orang saling bertukaran pikiran tentang suatu bidang tertentu. Oleh karena itu forum bisa dijadikan sumber informasi yang sangat berguna. Untuk menemukan forum yang sesuai dengan bidang Anda , gunakan keyword “forum bidang anda” contoh :

forum komputer

komputer+forum

Setelah menemukan forum yang cocok, gunakan fasilitas searchnya untuk mencari informasi yang Anda inginkan.

Semoga Membantu !

You may also like...

1 Response

  1. tini says:

    gmn caranya???…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *