Tips Memilih Web Hosting Murah Tapi Tidak Murahan

Multiple racks of servers, and how a data center commonly looks.Image via WikipediaMencari web hosting di Indonesia tergolong mudah. Mau yang murah ada, yang mahal ada, yang fiturnya selangit ada, yang punya fitur serba unlimited ada, tapi kalau yang bagus ? Mencari web hosting yang bagus tidaklah mudah. Banyak web hosting mengumbar rayuan dengan berbagai macam cara yang bisa menjebak konsumen.

Sebelum memutuskan membeli suatu web hosting ada baiknya pertimbangkan beberapa point berikut :

1. Support
Support adalah faktor yang sangat penting, karena ini mencerminkan keseriusan pengelola web hosting. Coba bayangkan jika web site mengalami masalah terus kirim email ke pengelola hosting tapi tidak di tanggapi, jengkel tentunya. Sebelum membeli web hosting biasanya saya test dulu support dengan kirim email atau chatting melalui YM jika ada. Saya tidak akan membeli web hosting jika supportnya jelek meskipun fitur yang ditawarkan bagus.

Support yang bagus :
a. Punya YM (Yahoo Messenger) yang online 24 jam.
b. Punya contact form atau alamat email yang jelas. Usahakan jika mengirim email dibalas kurang dari 24 jam.
c. Sebaiknya punya Ticketing Support System.

2. Lihat fitur-fiturnya
Jangan tergoda dengan fitur yang listnya panjang, umumnya semua web hosting mempunyai fitur yang hampir sama. Yang membedakan adalah space, bandwidth, Add on Domain (domain yang diperbolehkan untuk 1 hosting), jumlah MYSQL, Sub Domain, biaya per bulan.

Hosting Standar dengan biaya Rp. 15.000 – Rp. 20.000 :
Space                         : 25 -100 MB
Bandwidth/month  : 2- 6 GB (ada juga yang berani sampai 10 GB)
Add on Domain        : 0 – 4 domain per hosting
MYSQL                     : 40 – Unlimited (kebanyakan unlimited)
Sub Domain              : Unlimited

Fitur lainnya seperti E-mail forwarding, Autoresponder e-mails, FTP accounts, Raw access and error logs, Web Stats, dll merupakan fitur standar yang sudah ada dalam paket cPanel yang sudah pasti didapatkan jika membeli hosting.

Bagaimana dengan fitur unlimited ?

Jika menemukan hosting yang menawarkan Space dan bandwidth unlimited lihat berapa biayanya, seharusnya biayanya diatas Rp. 50.000 per bulan bahkan lebih.

3. Tanggung Jawab
Web hosting yang bagus mau memberikan kompensasi jika terjadi error pada server hosting seperti server down. Kompensasi bisa berupa perpanjangan hosting gratis. Jika kerusakan server terlalu parah seharusnya menawarkan pindah hosting untuk para pelanggannya.

4. Tanyakan pada yang berpengalaman

Tidak ada cara yang lebih untuk mengetahui baik buruknya suatu web hosting provider selain bertanya kepada yang sudah pernah mencobanya. Biasanya ada yang menulis pengalaman mereka dengan suatu web hosting di blog. Untuk itu coba cari di Google dengan kata kunci ”alamat hosting.com”, nanti akan muncul tulisan dari forum ataupun dari blog tentang web hosting tersebut.

Referensi Forum :

[Review] Hosting / Domain yang kalian beli di sini

Forum Domain & Hosting di Adsense-id

5. Sesuaikan kebutuhan
Sebelum membeli hosting carilah yang sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting adalah space dan bandwidth, kenapa ?

Berikut ini referensinya :

a. Space
Jika pakai wordpress : Space yang digunakan 4 – 5 MB ditambah plugin dan theme baru mungkin menjadi sekitar 7 MB. Jadi belilah hosting dengan space minimal 10 MB, tapi mungkin hanya bertahan untuk waktu yang tidak lama, karena database akan terus membengkak.

Untuk CMS lainnya seperti PHBB dan Joomla saya kurang tahu, coba tanyakan dulu kepada costumer supportnya berapa space yang dibutuhkan untuk install suatu CMS. Jangan sampai sudah membeli hosting tetapi ternyata spacenya kurang untuk install PHPBB padahal  hosting tersebut ingin digunakan untuk Forum.

b. Bandwidth
Untuk pengunjung 100 – 300 per bulan bandwidth 1GB masih mencukupi.
Untuk pengunjung 300 – 500 per bulan disarankan bandwidth minimal 2GB.
Untuk pengunjung 500 – 700 perbulan 3GB bandwidth per bulan.
Note : Estimasi jika menggunakan WordPress

Perlu diketahui kalau bandwidth habis, maka web site tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu carilah web hosting yang menawarkan penambahan bandwidth jika bandwidth habis sebelum akhir bulan. Biasanya biayanya Rp. 10.000 / bulan untuk bandwidth 1 GB.

Referensi dari pengalaman :

1. Apenta
Dulu blog ini saya hostingkan di Apenta selama hampir 1.5 tahun. Supportnya sangat bagus walaupun hanya lewat email, tanggapannya cepat. Jika server down akan diberi kompensasi. Dulu server Apenta pernah down saya diberi kompensasi perpanjangan hosting selama 1 tahun gratis, jadi sampai sekarang saya belum memperpanjang hosting saya, asyik kan ! Tetapi karena suatu hal saya terpaksa pindah dari Apenta.
Biaya dan fitur yang ditawarkan terbilang sangat bagus melebihi kebanyakan web hosting, tapi……

2. IDWebhost
Teman saya punya hosting disini jarang sekali down bahkan boleh dibilang tidak pernah. Supportnya online 24 jam lewat YM, TOP banget.
Biaya dan fitur yang ditawarkan agak mahal, tapi sebanding dengan support jaminan uptimenya.

3. DuoServersIndonesia
Inilah rumah baru blog ini. Setelah dipikir-pikir selma hampir 2 minggu akhirnya saya putuskan untuk pindah ke DuoServersIndonesia dan sampai sekarang belum ada keluhan
Meskipun web hosting ini tergolong baru tapi fitur yang ditawarkan agak gila, melebihi fitur yang ditawarkan hosting lainnya. Space 100 MB, Bandwidth 10 GB, 4 Add on Domain cuma Rp. 15.000 per bulan. Saya sudah coba costumer supportnya lumayan bagus, bisa diajak bercanda pula. Saya baru saja membeli hosting di sini pas diskon 50%, space 100 BM Cuma Rp. 60.000 setahun, hehehe.

Tips Membeli Domain

Membeli domain kelihatannya sederhana, karena bisa dibilang hanya membeli sebuah nama dan pihak web hosting hanya sebagai perantara. Tetapi jangan salah ada beberapa web hosting yang tidak memberikan fasilitas yang seharusnya diberikan kepada pemilik domain, yaitu Domain Manager.

Domain Manager merupakan semacam control panel untuk domain Anda. Transfer domain penggantian identitas pemilik dilakukan dari Domain Manager. Oleh karena itu pastikan sebelum Anda membeli domain Anda mendapatkan Domain Manager.

Kesimpulan :
1. Jangan selalu mengincar harga yang murah. Meskipun harga murah jika sering down dan jika bertanya tidak pernah ditanggapi masa depan depan web site bisa suram.

2. Jika punya uang berlebih dan punya kartu kredit atau PayPal saya sarankan membeli web hosting di luar negri. Meskipun agak mahal tetapi sebanding dengan kualitasnya.

3. Lihatlah dimana web site yang sudah terkenal memilih web hosting. Untuk mengetahuinya kunjungi whois.ws/namadomain.com.

4 Lihat berapa web site yang hostingkan. Untuk melihatnya coba cek di webhosting.info

Selamat berburu hosting ¡

You may also like...

32 Responses

  1. vivit says:

    mksh infonya. sangat membantu skali

  2. pelanggan apenta says:

    wah…kalo apenta sekarang ini sangat tidak rekomended deh…
    karena saya punya2 hostingan di sana sering down tanpa ada pemberitahuan sama sekali. dan saat dikonfirmasi ke apenta via mail…(karena hanya memberikan mail saja) dia malah marah2 via mail.. katanya ..jangan hanya nyalahin apenta…walah2…lha wong memang benar saya lapor kok website saya tidak bisa diakses kok malah saya yang disemprot via email…

    walaupun fasilitas rekomended..tapi saya berencana pindah dari apenta…

  3. chodirin says:

    saya malah selalu pake hosting gratisan hehehe.
    hosting saya yang sekarang pake cybersplash.net (gratis, tapi sudah ga ada lagi)
    hosting kedua pake hostpojok.com (gratis, masih ada loh.. ayo buruan request)
    hosting ketiga pake google/blogger. jadi saya cuman beli domainnya saja, hostingnya di blogger. numpang ns di afraid. hehehe.

    kelebihannya pake google itu hostingnya unlimited space, unlimited bandwidth. google gitu loh. cuman kalo di google kita gak bisa upload file selain gambar danpostingan. ya wajarlah namanya juga gratisan.

    chodirins last blog post..Technorati profile for claim

  4. jatmiko says:

    kebanyakan orang indonesia kayaknya memang penggemar yang gratisan, termasuk saya, soal hosting juga. POkoknya kalo yang “Free” Indonesia nomor satu. Cari do google trend dengan kata kunci FREE indonesia meraih peringkat tertinggi.

    tambahan informasi seputar hosting bisa di baca di http://tipswebhosting.googlepages.com/

    jatmikos last blog post..shortScience: Caffeine And Blood pressure

  5. rindu says:

    kalo gratisan ada resiko diputus tanpa pemberitahuan lebih dulu, namanya juga gratisan.
    dicoba dulu beli paket murah seperti di http://www.profesionalstore.com hanya 6000 pertahun (buktikan dulu), baru tentukan keputusan.

    bila butuh yang pasti-pasti dengan biaya cukup mahal, pastikan yang punya fitur anti down juga yang support banyak situr termasuk video streaming atau video sharing seperti di hostinghandal.net mulai 200rb an agak mahal tapi terjamin!
    good luck

  6. silahkan coba ke hostingtangguh.com untuk hosting murah dan berkualitas.

    hosting murahs last blog post..Reseller Hosting IIX Server Indonesia

  7. superinhost says:

    Sory, yg paket Giga salah:, ini yg bener

    – 1GB Bandwith 20GB = Rp.15rb/bulan
    – 2GB Bandwith 40GB = Rp.22rb/bulan
    – 5GB Bandwith 100GB = Rp.40rb/bulan
    – 10GB Bandwith 200GB = Rp.60rb/bulan

  8. makasih infonya..masih mencari2 yang bagus…

  9. Pajak says:

    Saya butuh hosting yang bandwidthnya di atas 150 Gb. Tetapi dari semua listing di atas, tidak ada yang cocok. Kalo hosting di luar, saya cuma bayar 1,5 USD per bulan dengan bandwidth sebesar itu.

  10. denny says:

    klo ard hosting bagus gak bos?
    cos aku mau pake yang itu nih buat web ku..

  11. Nasirudin says:

    Secara umum bagus, tetapi perlu ditambahkan juga pastikan fitur yang ditawarkan web hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda diantaranya:
    1. Keamanan server dan Trafik penyerangan ke server
    2. Perbandingan bandwidth bulanan dengan space yang ditawarkan
    3. Spesifikasi komputer
    4. Bandwidth access
    5. Lokasi server dengan target pasar
    keseluruhan tersebut semestinya di kalkulasi secara maksimal. Jika kita ingin profesional, sudah semestinya memperhitungkan hal tersebut. baru yang terakhir masalah harga.

  12. ayo… ikuttt..

    ke http://www.thesmartmultimedia.net ajah,,
    ada diskon 50% untuk hosting USA…

  13. ayas says:

    hmm…harus baca ini dulu kalo mo hosting sendiri..

    ayass last blog post..Alkisah proses membeli domain dan hosting

  14. NgeTop Euy says:

    Mantap-mantap postingannya, hmm thank yah…..

    Saya sendiri juga masih belajar mengenai hostingan ini…

  15. wah artikelnya menarik. thanks ya

  16. sekedar share, coba pake layanan hosting berbayar bro, selama gw pake hosting xpdatacenter.com blum ada masalah. gw udah menghostkan 11 web gw di xpdatacenter.com smpe saat ini masih adem ayem aja(mudah2an sih selalu sehat wal’afiat smpe 3 tahun berikutnya) gw rekomendasiin xpdatacenter.com untuk hosting temen2 bloger. URLnya gw taroin di nickname ja ya.

  17. Pastikan membeli hosting pada provider yang posisi nya bagus di google, karena akan berpengaruh terhadap rank web kita nantinya

  18. Helmy says:

    Thanksss Broooo… tipsnya berguna banget buaat saya.. akhirnya http://www.mancikarang.sch.id bisa juga di hosting, mao cerita sedikit yah, sekalian berbagi pengalaman:

    awalnya sempet bingung pilih layanan webhosting yang mana, tapi setelah baca tips ini pikiran saya jadi terbuka dan saya memilih eazysmart.com sebagai web hosting saya. Dari Semua tips tersebut eazysmart.com bener2 nepatin semua itu, tim support eazysmart siap setia 24 jam membantu dalam mengatasi masalah kesulitan hosting!! dari mulai panduan hosting step by step via chatting sampai konfigurasi database connection yang eror! pengalaman menghosting website bagi saya adalah sesuatu hal yang baru dan tips diatas sangat berguna sekali untuk saya dan layanan customer service dari eazysmart juga sangat cepat respons, dan sangat ramah pastinya… jadi buat pemula (newbie) seperti saya jadi gak takut sama masalah2 yang muncul ketika hosting website..

    untuk hosting di eazysmart.com kita dapat memilih 2 server yakni IIX dan server USA, dan saya pilih yang IIX, karena untuk website sekolah yan gmayoritas pengaksesnya dari INA. Untuk kecepatan konesi juga mantap..!! karena eazysmart memiliki banyak server.

    Thanks Tipsnya Broo..!!

  19. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

  20. wah review nya bagus juga ada sisi negatif dan positif nya…
    jadi orang2 bisa lebih tau mana yg terbaik dan bisa jadi pilihan yg sesuai buat website nya 🙂
    .-= berbagai informasi hosting´s last blog ..Promo Coupon Code Dreamhost =-.

  21. pai says:

    setuju untuk yang id webhost, manteb tuh, tapi ya gitu, mahalnya gila ..sebanding sih

  22. Ghufron says:

    Aku kapok deh pake idwebhost.com. emang awalnya sih lancar2 aja, tapi belakangan banyak masalah. blog susah dibuka, cpanel juga susah, trus banyak deh. rencananya mau pindah ke tempat lain tapi belum ketemu nih

  23. Aduh gan websiteku kehabisan bandwidth nih… gimana ini solusinya?? jadi gak bisa dibuka… suram2… ada recomended hosting gak?? need help..

  24. HeQris says:

    Sekedar berbagi dan yang ingin mencoba Hosting Unlimited Murah sangat cocok untuk hosting wordpress di samping itu juga unlimited.
    semoga membantu.

  25. homo says:

    lha trus ko gk pk yg d atas tp malah pk hostgator gan haha :mrgreen:

  26. JaramacyC says:

    Banyak web hosting mengumbar rayuan dengan berbagai macam cara yang bisa menjebak konsumen. Sebelum membeli web hosting biasanya saya test dulu support dengan kirim email atau chatting melalui YM jika ada. Saya tidak akan membeli web hosting jika supportnya jelek meskipun fitur yang ditawarkan bagus. Punya contact form atau alamat email yang jelas. Sebaiknya punya Ticketing Support System. Kompensasi bisa berupa perpanjangan hosting gratis. Jika kerusakan server terlalu parah seharusnya menawarkan pindah hosting untuk para pelanggannya. Biasanya ada yang menulis pengalaman mereka dengan suatu web hosting di blog. Jangan sampai sudah membeli hosting tetapi ternyata spacenya kurang untuk install PHPBB padahal hosting tersebut ingin digunakan untuk Forum. Oleh karena itu carilah web hosting yang menawarkan penambahan bandwidth jika bandwidth habis sebelum akhir bulan. Jika server down akan diberi kompensasi. Transfer domain penggantian identitas pemilik dilakukan dari Domain Manager. Jangan selalu mengincar harga yang murah. Meskipun harga murah jika sering down dan jika bertanya tidak pernah ditanggapi masa depan depan web site bisa suram. Jika punya uang berlebih dan punya kartu kredit atau PayPal saya sarankan membeli web hosting di luar negri. Meskipun agak mahal tetapi sebanding dengan kualitasnya. Lihatlah dimana web site yang sudah terkenal memilih web hosting. Untuk mengetahuinya kunjungi whois. Untuk melihatnya coba cek di webhosting. cuman kalo di google kita gak bisa upload file selain gambar danpostingan. ya wajarlah namanya juga gratisan. Cari do google trend dengan kata kunci FREE indonesia meraih peringkat tertinggi.com untuk hosting murah dan berkualitas. baru yang terakhir masalah harga. URLnya gw taroin di nickname ja ya. Dari Semua tips tersebut eazysmart. Untuk kecepatan konesi juga mantap.Hey i do like the post it is very nice . I do read this and enjoyed it let me know if you post any new.

  1. January 21, 2009

    […] bingung silahkan baca tips memilih hosting. Silahakn pilih-pilih hosting dulu, besok disambung lagi, dah ngantuk dan capeh nih. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *