Susu Untuk Membuat Anak Bayi Lebih Gemuk

Seorang orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya bukan? Salah satu hal terbaik yang bisa Anda berikan pada anak adalah nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang. Nutrisi saat tumbuh kembang anak sangat penting karena kekurangan berat badan dan nutrisi bisa berdampak buruk pada anak Anda. 

Dampak bayi yang kurang berat badan 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bayi yang memiliki berat badan yang kurang akan mendapatkan dampak yang buruk. Dampak buruk dari berat badan bayi yang kurang memang cukup berisiko untuk dirinya di masa kini dan masa depan. 

Salah satu resiko terbesar dari kurangnya berat badan bayi adalah pertumbuhan yang terhambat. Baik itu pertumbuhan fisik maupun pertumbuhan otak semuanya akan terhambat jika bayi mengalami berat badan kurang. 

Bukan hanya itu, bayi yang kekurangan berat badan biasanya juga akan mengalami masalah dalam organ metaboliknya sehingga akan sangat berdampak pada saat ia dewasa nantinya. Anda pasti tidak ingin ada masalah pada anak Anda di masa depan bukan? 

Cara mengetahui berat badan bayi kurang

Untuk mengetahui apakah bayi Anda memiliki berat badan normal atau kurang, maka Anda bisa melihatnya dengan jelas. Salah satu tanda atau ciri dari berat badan bayi yang kurang adalah mengenai bayi yang terlihat kurus. Bayi biasanya memiliki cukup banyak lemak pada seluruh bagian tubuhnya bukan? Bahkan bayi yang cukup gendut akan memiliki lipatan-lipatan di beberapa bagian yang akan membuatnya terlihat sangat menggemaskan. Jika lemak dan lipatan ini tidak ada, maka hal ini merupakan salah satu ciri dari berat badan bayi yang kurang. 

Bukan hanya itu, ciri lain dari bayi dengan berat badan yang kurang adalah penampilan tubuh dan tulang rusuk bayi. Bayi yang memiliki berat badan yang kurang biasanya akan memiliki tulang rusuk yang terlihat jelas. Biasanya ibu bisa melihat tubuh anak saat memandikannya. 

Selain itu, bayi yang memiliki berat badan yang kurang biasanya bisa ditandai dengan ukuran pakaian bayi yang tidak bertambah. Bayi biasanya akan cepat berganti pakaian. Hal ini disebabkan karena masa bayi adalah masa pertumbuhan yang cukup pesat. Jika bayi Anda tidak mengganti pakaiannya dalam waktu beberapa bulan atau berat badan bayi tidak bertambah, maka hal ini merupakan salah satu ciri dari berat badan bayi yang kurang. 

Efek lain dari berat badan kurang pada bayi adalah mengenai kondisinya yang lebih rentan sakit. Bayi yang memiliki berat badan kurang biasanya akan lebih mudah sakit. Hal ini disebabkan karena berat badan yang kurang menandakan nutrisi yang kurang sehingga sistem kekebalan tubuh bayi juga menjadi kurang. 

Berat ideal bayi berdasar umur

Nah cara lain yang bisa digunakan untuk melihat apakah bayi Anda benar-benar memiliki berat badan yang kurang atau berat badan yang ideal adalah dengan mengetahui berat badan bayi yang ideal sesuai dengan usianya. Berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa Anda gunakan untuk melihat apakah bayi yang Anda miliki mempunyai berat badan yang normal atau tidak. 

  • Berat badan normal bayi di usia 0 hingga 1 bulan 

Bayi dengan usia 0 bulan hingga 1 bulan biasanya akan mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 0.6 hingga 1 gram tiap harinya. Sedangkan pertumbuhan tinggi adalah 2 cm hingga 5 cm tiap harinya. 

  • Berat badan normal bayi di usia 1 bulan hingga 4 bulan 

Untuk bayi dengan usia 1 bulan hingga 4 bulan biasanya akan memiliki pertambahan tinggi sebanyak 3 cm hingga 5 cm dan akan mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 0.5 kg hingga 1 kg tiap bulannya. 

  • Berat badan normal bayi di usia 6 bulan

Biasanya bayi dengan usia 6 bulan akan memiliki berat badan 2 kali lipat dari berat badan mereka di usia kelahiran. 

  • Berat badan normal bayi di usia 12 bulan 

Untuk bayi yang berada di usia 1 bulan, biasanya memiliki berat badan 3 kali lipat dari berat lahir mereka dan akan mendapatkan pertambahan tinggi sebanyak 15 cm hingga 20 cm. 

Nah sekarang Anda sudah tahu bukan beberapa berat badan ideal bayi yang Anda miliki? Akan tetapi perlu Anda tahu juga bayi yang mengkonsumsi ASI biasanya akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dan hal ini merupakan hal yang umum karena biasanya susu formula memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. 

Oh ya, perlu Anda tahu juga jika pada beberapa bulan usia pertama bayi, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan sebagai bentuk penyesuaian diri, tapi dalam waktu 10 hari biasanya berat badanya akan kembali.

Produk susu rekomendasi untuk menaikkan berat badan bayi

Untuk Anda yang merasa anak Anda memiliki berat badan yang kurang, maka salah satu cara untuk boost berat badan anak Anda adalah dengan memberikan susu formula. Akan tetapi jangan asal memberikan susu formula ya! Pastikan susu formula yang Anda berikan pada anak Anda ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga aman untuk anak Anda. 

Lalu apa saja jenis susu untuk menaikkan berat badan anak dengan aman ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

  • Pediasure 

Susu lain yang juga cocok untuk diberikan pada anak saat ia kekurangan berat badan adalah Pediasure. Susu ini memiliki kandungan yang lengkap dan memiliki kalori 240 kcal setiap 237 memilih. Susu ini juga diperkaya dengan AHA, DHA dan juga mikronutrien yang dibutuhkan tubuh anak untuk masa perkembangannya. 

  • Nutridrink 

Susu lain yang juga bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan anak adalah Nutrinidrink. Susu ini merupakan susu yang memiliki dasar susu UHT sapi dan memiliki kalori yang cukup tinggi. Susu ini juga berasal dari Nutricia. Untuk mengkonsumsi susu Nutrinidrink ini akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani anak Anda. 

  • Infatrini Nutricia 

Salah satu susu yang paling cocok untuk membantu meningkatkan berat badan anak Anda adalah susu Infatrini Nutricia. Susu ini merupakan susu yang sudah dipercaya ibu-ibu yang memiliki masalah pertumbuhan terhambat pada anak-anaknya. Hal ini disebabkan karena susu Infatrini Nutricia ini memiliki nutrisi yang lengkap dan komplit sehingga dapat digunakan untuk membantu bayi Anda memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak sehingga anak menjadi lebih sehat dan lebih gendut, susu Infatrini Nutricia ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga cocok untuk membantu pertumbuhan tulang, meningkatkan produksi sel darah merah dan juga menghindari gejala anemia pada anak di kemudian hari. 

Susu Infatrini Nutricia ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan anak yang mana sangat penting bagi kesehatan anak secara keseluruhan dan juga untuk metabolismenya.

Leave a Comment