Software Gratis dan Mungil Tapi Oke

Software computer yang ada saat ini semakin rakus memori dan prosessor. Winamp contohnya, dulu Winamp cuikup ringan dijalankan, meskipun di computer jadul, tetapi sejak versi 5 mulai memakan memori dan kinerja prosesor. Di komputer Celeron 1.8 punya saya Winamp bisa memakan 25% CPU resources, padahal cuma buat muter mp3. Akhirnya saya putuskan untuk menggunkan Foobar yang lebih ringan.

Berikut ini beberapa software gratisan dengan ukuran file kecil yang menurut saya sangat bermanfaat.

1. Foobar

Bagi yang mempunyai computer pasti 98% terinstall Winamp. Winamp sudah seperti software wajib untuk memutar mp3, saya dulu menggunakan Winamp sebagai pemutar musik, Tetapi setelah mencoba Foobar Winamp sudah saya tinggalkan. Saya cenderung memilih Foobar yang tidak menggunakan memori dan membenani CPU.

Foobar

2. MultiEnhancer

Saaat akan myimpan file atau membuka file maka Windows akan membuka Dialog Box yang berisi daftar folder. MultiEnhancer berguna untuk meresize ukuran dialog box ini supaya lebih lega dan memudahkan untuk mencari file.

3. Auto Eject

Software akan membuka CD/DVD ROM jika masih ada isinya ketikia Windows shutdown, logoff atau restart.

Auto Eject

4. Pixie

Bagi para web desainer mungkin Pixie dapat membantu dalam membuat kombinasi warna yang cocok. Pixie dapat digunakan untuk mengambil warna dari tempat cursor berada, jadi bias untuk mengambil warna dari taskbar, wallpaper, dan elemen-elemn lainnya selama masih dapat dijangkau oleh crusor.

Pixie

5. DAMN Info Viewer

Bagi yang sering download crack pasti sering menemukan serial number yang disimpan dalam file.info. Jika dibuka file .info, maka otomatis akan membuka System Informatian miliknya Windows dan tentu saja tidak kan keluar isinya. Untuk membuka file .info dibutuhkan software khusus yaitu DAMN Info Viewer.

DAMN Info Viewer

6. Change Case

Change Case meurpakan software untuk rename file secara missal. Bisa untuk rename ke UPPER CASE, Title Case, lower case, dan tGGLE cASE.

Change Case

You may also like...

6 Responses

  1. chodirin says:

    sudah lama saya meremove winamp sejak kinerjanya memberatkan CPU. saya bandingkan dengan WMP kok banyak lebih resource yg di terpakai oleh winamp. ya udah saya balik lagi ke windows media player. toh WMP bisa pake MP3 dan CD sekaligus. winamp kualitas videonya masih kalah sama WMP.

  2. chodirin says:

    salah ketik: maksudnya lebih banyak resource yg terpakai oleh winamp..

  3. bocahiseng says:

    kecil-kecil cabe rawit? pass buat yang punya pc minimun spek? ya mass?

    bocahisengs last blog post..Hmmmm….

  4. angelina says:

    😛 top banget softwarenya :angel:

  5. anton says:

    :ampun: DJ………….. :ampun: DJ……………..

  6. wawan says:

    😀 thx infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *