Resep Makanan Ibu Hamil dari Trimester 1 Sampai 3

Ketika memasuki masa kehamilan, para wanita pasti tidak ingin melewatkan resep makanan ibu hamil yang sehat dan aman dari trimester 1 sampai ke-3. Karena bagi setiap wanita, kehamilan merupakan karunia yang paling indah dari Tuhan. Jadi ibu – ibu pasti ingin yang terbaik untuk calon buah hatinya.

Mulai dari mencari tahu kebutuhan gizi terbaik untuk janin dan bunda. Karena nantinya janin mengambil zat yang tersimpan dalam tubuh ibu. Untuk itu kebutuhan nutrisi para ibu hamil pasti berbeda dengan wanita biasa. Cukup atau tidaknya nutrisi tergantung pada apa yang dikonsumsi oleh sang bunda.

Selain berperan sebagai penjaga metabolisme tubuh, makanan bergizi itu baik untuk pertumbuhan janin agar selalu sehat. Hanya saja sayangnya para Bunda tidak tahu menu makanan apa yang aman disantap setiap hari. Maka dari itu kali ini akan kami sajikan serba – serbi makanan dan minuman yang aman untuk ibu hamil konsumsi .

10 Resep Makanan Ibu Hamil Trimester 1 Sampai 3

Mengatur pola makan yang sehat itu wajib bagi wanita hamil. Caranya adalah dengan membiasakan diri memasak menu sehat seperti telur, ubi, ikan, daging, kacang polong, serta sayur – sayuran dan makanan yang seimbang.

Berikut adalah daftar 10 resep makanan untuk bumil, antara lain:

  1. Ikan Salmon termasuk resep makanan baik untuk bumil karena memiliki kandungan omega 3 yang banyak sehingga baik untuk perkembangan otak calon buah hati. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus bersama sayur – sayuran dan hindari pemakaian bahan kimia agar nutrisinya tetap terjaga.
  2. Resep makanan ibu hamil telur kecap juga baik karena didalamnya menyimpan banyak vitamin dan choline. Sehingga baik untuk membuat perkembangan sel otak bayi meningkat. Untuk membuatnya Anda bisa merebus telurnya dan masak telur bersama bumbu lainnya.
  3. Sayur bayam juga termasuk resep makanan terbaik untuk bumil. Karena bayam memiliki kandungan antioksidan, kalsium, potassium, vitamin A, dan serat tinggi. Sehingga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk bumil dan calon buah hati selama kehamilan.
  4. Sup brokoli juga termasuk resep makanan ibu hamil yang sehat. Karena brokoli baik untuk kesehatan dan memiliki kandungan kalsium serta asam folat tinggi. Sehingga perkembangan tulang menjadi lebih baik untuk sang bunda dan calon buah hati tercinta.
  5. Sup daging tanpa lemak juga baik untuk bumil. Caranya adalah dengan memasak daftar daging rendah lemak seperti punggung kambing, dada ayam tanpa kulit, steak ikan, kerang, dll. Sehingga bunda bisa memenuhi kebutuhan protein selama proses kehamilan berlangsung.
  6. Sup bening. Menu resep makanan ibu hamil ini berisi berbagai macam sayuran. Sehingga cocok dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat Anda. Sup bening cocok sekali disantap di pagi dan malam hari agar saluran pencernaan lebih lancar.
  7. Pepes ikan. Resep yang satu ini baik untuk bumil karena mempunyai kandungan protein, omega 3, mineral, dan vitamin tinggi. Semua kandungan di dalamnya ampuh menetralkan lemak, tekanan darah, dan efektif menjaga kesehatan jantung selama kehamilan.
  8. Pecel. Makanan tradisional ini juga bisa dimasukkan ke dalam menu resep makanan ibu hamil yang baik dikonsumsi secara rutin. Karena pecel berasal dari berbagai macam sayuran seperti kandung, bayam, mentimun, dan tauge yang bisa menjaga tubuh bunda tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit.
  9. Sayur asem. Menu sajian ini juga baik dikonsumsi karena memiliki banyak varian sayur didalamnya yang akan memenuhi kebutuhan vitamin sang buah hati dan bumil selama kehamilan. Sehingga baik dikonsumsi ketika memasuki kehamilan di segala trimester.
  10. Sayur lodeh. Sayur yang berisi nangka, daun melinjo muda, labu siam, terong, cabai, dan beberapa bahan lainnya sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Menu ini cocok dijadikan sebagai daftar menu resep makanan ibu hamil terbaik untuk membuat tubuh terbebas dari penyakit.

Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 1 dan 2

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan menu terbaik selama kehamilan karena nutrisinya lengkap. Didalamnya berisi karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral. Sajian menu ini terdiri atas makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah-buahan, susu. Makanan pokok kaya dengan karbohidrat, seperti nasi, jagung, gandum, singkong, sagu, kentang, umbi-umbian.

Lauk pauk berguna sebagai zat pembangun tubuh dan umumnya mengandung protein tinggi. Daftar olahan resep makanan ibu hamil yang merupakan lauk pauk dengan protein tinggi adalah ikan, daging, telur, tempe, dan tahu. Tanpa itu, kebutuhan nutrisi bumil tidak terpenuhi dan tidak dapat menyeimbangkan pola makan yang harus diperhatikan saat masa kehamilan.

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk bumil dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa sayuran yang baik dikonsumsi selama kehamilan adalah brokoli, bayam, terong, tomat, dan sayur hijau lainnya karena nutrisinya tinggi sehingga baik untuk bumil.

Buah-buahan juga termasuk sumber makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya dengan kandungan vitamin serta mineral. Buah-buahan terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan ada banyak. Yaitu meliputi buah apel, jeruk, sirsak, mangga, kelengkeng, anggur, alpukat, dan sejenisnya.

Terakhir adalah susu. Minuman ini memiliki protein hewani yang baik untuk meningkatkan energi wanita hamil dan baik – baik pertumbuhan tulang si kecil. Itulah sebabnya wanita hamil harus mengkonsumsi susu setiap hari untuk menjaga kesehatan calon buah hatinya sehingga nantinya tidak aka nada masalah dalam pertumbuhan calon buah hatinya.

Macam – Macam Sayuran Sehat untuk Ibu Hamil

Selain harus mengkonsumsi resep makanan ibu hamil yang sehat dan bernutrisi, bumil juga butuh asupan nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan janinnya. Zat besi, asam folat, kalsium, serta vitamin bisa ditemukan dari sayuran yang dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah macam-macam sayuran sehat bagi bumil:

  1. Bayam. Sayuran ini memiliki kandungan asam folat, zat besi, vitamin K, C, dan A. Selain bernutrisi tinggi, bayam juga bisa diolah menjadi sajian sayur yang segar dan menyehatkan selama kehamilan. Salah satunya adalah sayur bening.
  2. Brokoli. Sayuran ini kaya dengan kandungan beta karoten, kalsium, isotiosianat, dan indoles. Beberapa zat tersebut ampuh mencegah kanker. Supaya nutrisinya tetap terjaga saat akan diolah menjadi resep makanan ibu hamil, sebaiknya potong brokolinya kecil-kecil dan diamkan dalam air berisi sedikit garam agar kumannya mati.
  3. Paprika. Sayur pengganti cabai ini juga mengandung vitamin C tinggi yang lebih baik dari jeruk. Dengan vitamin C ini membuat jaringan tubuh yang rusak dapat diperbaiki segera dan efektif membantu proses penyerapan zat besi tubuh.
  4. Buncis juga merupakan sayuran terbaik karena mengandung protein, serat tinggi, dan vitamin K. Dengan buncis, bumil bisa terhindar dari risiko sakit kepala serta konstipasi yang sering menyerangnya. Selain itu kesehatan tulang juga lebih terjaga bila menyantap buncis.

Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Menu resep makanan ibu hamil untuk sarapan yang ideal adalah mengandung banyak protein, serat, lemak, kalsium, zat besi, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya. Maka dari itu Anda harus bisa memilih menu sarapan supaya lebih sehat. Di bawah ini adalah menu sarapan terbaik untuk bumil:

  1. Omelet bayam dan nasi merah. Keduanya baik untuk menjaga perkembangan janin. Karena bayam sendiri kaya dengan zat besi, folat, kalsium, serta vitamin A. Folat baik untuk mencegah bayi cacat lahir dan premature. Dengan mengkonsumsi menu sarapan ini akan membuat tulang dan gigi bayi kuat.
  2. Roti gandum panggang berisi alpukat dan telur juga baik untuk menu resep makanan ibu hamil di pagi hari. Karena telur mengandung kolin untuk membuat fungsi otak bayi meningkat. Sementara roti dan alpukat mampu memenuhi kebutuhan protein tubuh agar lebih bertenaga dan perkembangannya optimal.
  3. Potongan buah dengan oatmeal juga merupakan menu terbaik untuk sarapan pagi bumil. Karena oatmeal memiliki kandungan serat sedangkan potongan buah baik untuk menjaga kebutuhan vitamin tubuh. Dengan mengkonsumsinya akan membuat bumil terhindar dari masalah pencernaan dan merasa kenyang.

Daftar Makanan Pengganti Nasi untuk Ibu Hamil

Mual dan muntah adalah 2 masalah utama yang sering dialami ibu di awal kehamilan sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. Salah satu makanan yang menyebabkan mual dan muntah adalah nasi. Padahal saat itu tubuh butuh banyak nutrisi. Berikut adalah daftar makanan pengganti nasi untuk ibu hamil:

  1. Jagung bisa diolah sebagai salah satu bahan resep makanan ibu hamil karena mampu memenuhi 10% dari kebutuhan harian magnesium. Kandungan nutrisi jagung juga kaya dengan fosfor, thiamin, vitamin C, folat, serat, dan magnesium. Sehingga baik untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.
  2. Kentang juga bisa menjadi pengganti nasi. Sebaiknya bumil mengkonsumsi 4 porsi kentang setiap hari karena memiliki banyak karbohidrat serta nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, potassium, kalsium, tiamin, folat, riboflavin, dan vitamin B6, A, C.
  3. Oatmeal juga termasuk salah satu bahan resep makanan ibu hamil yang baik sebagai pengganti nasi. Karena kaya serat dan merupakan makanan berkarbohidrat kompleks sehingga baik untuk mengontrol gula darah agar nafsu makan bumil terkontrol.
  4. Pisang juga aman sebagai pengganti nasi dan bisa membuat perut kenyang. Buah ini memiliki kandungan potassium banyak sehingga efektif mengontrol keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh bumil. Disamping itu, pisang juga mengandung magnesium untuk menjaga kesehatan lambung.

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Mungkin selama ini Anda mengira bila membuat resep makanan ibu hamil dari sayur – sayuran adalah cara aman untuk menjaga tubuh selama kehamilan. Namun ternyata tidak semua jenis sayuran itu aman. Bahkan ada yang dilarang juga untuk ibu hamil. Berikut adalah daftar sayuran yang dilarang selama kehamilan:

  1. Tauge mentah sebaiknya tidak dikonsumsi dulu karena sangat ideal bagi pertumbuhan bakteri. Itulah sebabnya sebaiknya hindari menyantapnya dulu ketika memesan makanan seperti soto ayam, gado-gado, bakso, dll sebelum memastikan taugenya dimasak dengan cara yang benar.
  2. Lalapan juga sebaiknya tidak dikonsumsi dulu selama Anda belum yakin diolah dengan benar. Karena lalapan mudah sekali terkontaminasi oleh parasite dan bakteri, seperti E. Coli, Toxoplasma, Listeria, dan Salmonella. Parasit paling berbahaya dari Lalapan adalah Toxoplasma.
  3. Daun papaya juga sebaiknya dihindari karena mengandung racun untuk Rahim. Sayuran ini rasanya memang lezat bila diolah dengan benar. Namun sebaiknya jangan menyantapnya dulu karena mengandung zat aktif yang bisa menjadi racun untuk Rahim.
  4. Pare juga sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan efek samping ketika dibuat sebagai bahan resep makanan ibu hamil. Beberapa efek samping yang biasa ditimbulkan oleh Pare adalah sakit perut, diare, kram, dan pusing. Selain itu, pare juga bisa mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Jus untuk Ibu Hamil Trimester 3

Kehamilan di usia trimester 3 adalah masa saat kondisi kehamilannya mulai kuat secara fisik di dalam kandungan. Namun sebaiknya sang bunda tetap menjaga kondisi tubuhnya dengan cara menyiapkan resep makanan ibu hamil terbaik dan mengkonsumsi jus. Di bawah ini adalah daftar minuman jus terbaik bumil:

  1. Jus apel Malang adalah menu terbaik untuk membantu proses perkembangan janin karena bernutrisi tinggi. Disamping itu, didalamnya juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar sang ibu tidak terserang berbagai penyakit.
  2. Jus alpukat juga minuman terbaik. Karena didalamnya memiliki nutrisi yang baik untuk wanita hamil, seperti kalium, asam folat, dan vitamin B kompleks. Sehingga minuman ini baik sekali untuk menjaga perkembangan janin di masa kehamilan.
  3. Jus buah pir. Minuman ini juga baik karena mempunyai asam folat sebagai kandungan nutrisi penting bagi wanita hamil. Asam folat inilah yang nantinya akan menjaga perkembangan janin terutama otaknya. Sehingga si kecil terhindar dari cacat lahir.
  4. Jus buah naga. Minuman ini juga baik karena mempunyai kandungan vitamin C tinggi tanpa menyebabkan asam lambung. Dengan mengkonsumsinya, Anda bisa terhindar dari masalah radikal bebas. Dengan begitu badan terasa lebih segar sepanjang hari.

Manfaat Kentang Rebus untuk Ibu Hamil

Kentang rebus memiliki banyak manfaat untuk kehamilan karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dll. Selain kaya manfaat, kentang juga bisa dimasak apa saja sehingga rasanya lezat.

Di bawah ini adalah manfaat dari kentang rebus untuk kehamilan, antara lain:

  1. Resep makanan ibu hamil yang terbuat dari kentang rebus akan mencegah terjadinya anemia. Umumnya para wanita berbadan dua seringkali mengalami kekurangan darah sehingga merasa letih, lemas, dan juga tidak bertenaga. Solusinya mereka harus menyantap makanan yang kaya zat besi seperti kentang.
  2. Ketika memasuki kehamilan, wanita membutuhkan kebutuhan kalsium lebih tinggi karena janinnya juga butuh kandungan tersebut untuk perkembangan tulang serta giginya. Bila sang bunda kekurangan kalsium, janin akan mengambilnya dari tulang ibu. Itulah sebabnya mereka harus makan kentang rebus karena mengandung banyak kalsium.
  3. Kentang rebus juga efektif menambah tenaga pada masa kehamilan. Selain itu kentang rebus juga efektif mengatasi masalah morning sickness pada trimester pertama. Padahal mereka butuh karbohidrat supaya tetap bertenaga. Itulah sebabnya kentang rebus bisa dijadikan sebagai alternatif sumber karbohidrat untuk sementara waktu.
  4. Kentang rebus memiliki asam folat yang tinggi untuk perkembangan jaringan saraf janin. Sehingga baik sekali untuk mencegah terjadinya kondisi lahir tidak sempurna bagi si kecil. Supaya kebutuhan asam folat bisa terpenuhi, maka sebaiknya konsumsi kentang rebus.

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai makanan dan minuman yang harus diperhatikkan saat masa kehamilan. Daftar sajian di atas akan memberikan banyak manfaat untuk kehamilan selama dikonsumsi dengan cara yang benar. Maka dari itu sebaiknya perhatikan resep makanan ibu hamil di atas dan segera praktikkan sekarang juga!

Leave a Comment