Panduan Setup Blog WordPress Dari Nol

Meskipun ini panduan setup WordPress, tp saya tidak aakan menulis tentang cara installasi dari Fantastico atau upload manual, sudah banyak yang membuat tutorialnya. Contohnya di BaliOrange, Belajarngeblog atau pakai yang manual. Di sini akan lebih fokus bagaimana seting blog WordPress dari segi SEOnya, dari plugin yang harus dinstall, edit theme, dan setting standar.

Saya anggap wordpress sudah terinstall dan sudah masuh ke Dashboard.

1. Masuk ke Setting>General

– Set Blog Title dan Tag line.

Masukkan keyword yang dioptimasi di Blog Title dan Tag line jika memungkinkan. Sesuaikan panjang kalimat dengan theme wordpress yang dipakai, karena kalau terlalu panjang akan merusak tampilan blog.

-Pakai www atau n0 www ?

Kalau masalh yg satu ini terserah mau pakai www atau tidak. Kalau domain yang dipakai domain bekas, coba cek di google dengan kata kunci “site:namadomain.com”. Kalau di index semua pakai www, disarankan juga pakai www.

Kalau dari awal di set pakai www, maka nanti ketika mencari backlink waktu menulis URL juga harus pakai www demikian juga kalau tidak pakai www, ditulis namadomain.com saja.

2. Setting>Writing

– Scroll kebawah, dibagian Update Services, isi dengan daftar pinglist dari WordPress Compressed ping List. Ini adalah daftar ping services yang akan memberitahu layanan pengambil rss seperti Technorati, Google Blogsearch. Dengan melakukan ping, maka ketika melaukan posting postingan akan di ping ke web-website tersebut dan tentu saja agar spider mereka melakukan index terhadap postingan kita.

Banyak web yang menyediakan ping services, coba lihat daftarnya di sini, tetapi seiring berjalannya waktu banyak tumbang, selain itu technorati dan website sejenisnya tidak percaya kepada sembarang ping serives, bahkan hanya percaya pada  pingomatic. Untuk disarankan memakai ping services dari WordPress Compressed ping List berisi daftar ping services termasuk pingomatic dan ping serives lain yang belum di support pingomatic.

3. Setting>Reading

– Pada bagian For each article in a feed, show, pilih summary, supaay web yang menampilkan rss/feed kita hanya menampilkan summarynya saaj tidak full article. Yang belum tau apa itu rss bisa baca di Wikipedia atau di sini.

4. Setting>Discussion

– Other comment settings, cek pada Enable threaded (nested) comments, supaya reply bisa berada langsung di bwah komen utama. Hanya bekerja pada theme yang support fitur ini.

– E-mail me whenever, hilangkan cek jika tidak ingin menerima email ketika ada orang yang post komentar.

5. Setting>Privacy

Pastikan : I would like my blog to be visible to everyone, including search engines (like Google, Sphere, Technorati) and archivers yang terpilih.

6. Setting>Permalinks

– Silahkan baca di sini.

Next : Plugin yang harus diinstall dan settingannya.

Kalau ada yang kurang jelas comment ya.

You may also like...

9 Responses

  1. IHSAN says:

    cocok utnuk pemula WP seperti saya bos 😀

    walau harus trial error
    .-= IHSAN´s last blog ..Google Update Page Rank Major 31 Desember 2009 =-.

  2. lulu says:

    bagus bagus dan bagus

  3. Irwan says:

    manteb om 🙂

  4. andhan says:

    ini harus wp yg berbayar ya? kalau yg gratisan gmn?

  5. Salam kenal mas…
    Makasih atas postingnya, sy jg lg belajar2 instal WP dan segala tetek bengeknya, msh belum mahir bener tp lumayan ada artikel macam ini. 😉

    @ IHSAN
    memang ya hrs trial & error, lama2 pasti bisa… :mrgreen:
    .-= belajar bisnis internet´s last blog ..Facebook jejaring sosial rawan kriminal =-.

  6. andre says:

    salam kenal bos.. saya baru mulai nulis di wordpress. Mau nyoba bangun jaringan dengan cara ping, tapi di pengaturan>>tulisan gak ada pilihan update servicesnya. Kenapa ya bro… mohon pencerahan ya.. thx

  7. suwune says:

    suwun infonya bagus nambah wawasan aku, suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *