Panduan Mengedit Theme WordPress

Wordpress TipsWordPress meruapakan CMS blog paling popular saat ini. WordPress mempunyai segudang fitur yang tidak dimilikki oleh CMS blog lainnya. Salah satu keunggulan WordPress yang paling saya sukai adalah kemudahan untuk edit themenya. Kita bisa mengedit secara online theme yang di WordPress dengan mudahnya, jadi kita tidak perlu mengupload ulang file yang sudah diedit.
Di WordPress ada tiga file yang sering diedit untuk penambahan content atau pemasangan iklan.

1. Main index Template (index.php)
File ini untuk menampilkan halaman utama blog. Daftar post terbaru ditampilkan disini. Awal penampilan Post dimulai dari <div id=”content”>. Dibawah sintak ini bisa ditambahkan content apa saja seperti code Adsense misalnya.
wp-index edit
2. Header (header.php)
File ini merupakan kerangka utama dari blog. Judul, deskripsi, keyword didefinisikan disini.
wp-header edit
3. Single Post (single.php)
File ini digunkan untuk menampilkan satu post penuh. Jika ingin menambahkan code Adsense di dalam post, file ini yang harus diedit.
wp-single edit
Sebenarnya masih ada bebrapa file yang masih bisa diedit, tapi saya jarang mengeditnya, maklum masih belajar. Semoga membantu.

27 thoughts on “Panduan Mengedit Theme WordPress”

  1. Yth.Ismartshare.com,di wordpress saya dg hosting sendiri,setiap saya edit header atapun yg lainya,selalu muncul link ”SEE THE CODEX”,bukan SAVE CHANGE. Bagaimana cara mengedit/menambahkan file CSS dan bisa di save perubahanya?mohon bantuanya,terima kasih.

    Reply
  2. Gan numpang nanya ni.. aku awam bgt di wordpress ini jadi masih bingung banget..
    gmana ya caranya meletakkan adsense atau produk amazon di bagian atas atau setelah header….? makasih banget atas infonya.o iya satu lagi gan gmana cara menggati nama orang yang mendesain theme yang kita pake..thakns so much

    Reply
  3. Mas Ismart, saya butuh bantuan utk edit blog saya. Pada tampilan layar utama, artikel dan komentar masih dekat. Namun setelah di klik read more utk membaca artikel secara lengkap, kenapa yah jarak antara artikel dan kolom komentar saya sangat jauh di bawah. Mohon pencerahannya, kira2 dimana saya harus edit atau dirubah.

    Reply
  4. wah makasih atas sharing bos
    kalo mau buat side bar diwordpres kayak yg disitus ini gmana bos? ato gmana ya kalo kita mau buat sidebar tunggal tapi kolomnya ada yang 1 trus ada 2 n ada juga 3 kolom ya kurang lebih kayak situs ini…
    sponsors ads kalo yg di situs ini ada 3 kan, trus yang bagian bawah cuman pake 2 kolom ya (categories dan Popular Search) ma’lum baru ngenal wp ni… he hee

    thx ya sebelumnya

    Reply

Leave a Comment