Panduan Membuat dan Mendaftarkan Sitemap

google_sitemap

Image by Colin Zhu via Flickr

Sitemap bisa dikatakan sebagai peta navigasi sebuah situs. Dulu sitemap dibuat berupa halaman yang berisi lin-link yang tersusun bebentuk pohon dan bertujuan untuk memudahkan pengunjung menelusuri web site. Tetapi sekarang sitemap lebih ditijukan untuk search engine supaya lebih mudah mengindek halaman web site. Sitemap yang ditujukan untuk search sengine berformat XML. Sitemap inilah yang akan saya bahas.

Untuk saat ini yang saya tahu Google dan Yahoo adalaah search engine yang mempunyai services untuk submit sitemap. Google dengan Google Sitemapnya dan Yahoo dengan Yahoo Site Explorer.

Untuk membuat sitemap tidaklah sulit, tidak perlu membuat manual karena sudah banyak tool yang bisa digunakan. Bagi pengguna WordPress bahkan sudah ada Plugin yang bisa mengerte sitemap secara otomatis.

Membuat Sitemap

1. Membuat Sitemap untuk web site biasa (bukan blog).
Kunjungi www.sitemapbuilder.net, kemudian masukkan URL, generate terus download sitemapnya. Upload ke server Anda, contoh www.situskamu.com/sitemap.xml.

2. Untuk WordPress Blog (Bukan untuk blog yang di WordPress.com).
Download plugin Google XML Sitemap. Upload kemudian aktifkan. Msuk ke bagian Settings>XML Sitemaps. Pada bagian status akan ada permintaan untuk rebuils sitemap jika sitemap belum dibuat, klik linknya untuk membuat sitemap.

Mendaftarkan Sitemap ke Google

Untuk mendafarkan sitemap ke Google silahkan baca petunjuknya disini.

URL sitemap Anda adalah www.namasitus.com/sitemap.xml. Untuk pengguna Blogger adalah blogkamu.blogger.com/atom.xml.

Medaftarkan Sitemap ke Yahoo

Kunjungi siteexplorer.search.yahoo.com. Anda harus login dengan account Yahoo Anda dulu untuk bisa mengaksesnya. Masukkan alamat situs Anda. Selesai.

Mendaftarkan sitem ke Google dan Yahoo tidak menjamin Google atau Yahoo akan mengindek web site Anda lebih sering atau meningkatkan traffic web site. Sitemap hanya sebagai sarana agar search engine lebih mudah mengindek web site.

Jika kurang jelas atau terjadi error silahkan comment disini. 🙂

41 thoughts on “Panduan Membuat dan Mendaftarkan Sitemap”

  1. kok tetep error ya om 😐 , dah tak coba berbagi cara, termasuk memasukkan atom.xml?redirect=false tetep masih error 😳 🙁 , gimana ya dah tak coba juga pake rss.xml, tetep gak bisa please ada yang bisa kasi pencerahan? 😥 🙁

    Reply
  2. Jujur dulu saya pernah bingung dengan yang namanya sitemap.Meski telah mengerti arti kata sitemap,tapi tetap saja kurang mengerti mengenai cara pemakaian dan manfaat nyatanya. Tapi setelah belajar keras dan mencari referensi yang tepat,akhirnya kini sitemap punya jasa yang teramat penting untuk blog yang saya miliki. Artikel anda sangat bagus dan layak untuk diterapkan oleh setiap pemilik web ataupun blog. Salam kenal mas

    Reply

Leave a Comment