Page Rank (PR), Masih Penting Kah ?

PR merupakan pengkur kepopuleran suatu website yang digunakan oleh Google. PR suatu website ditentukan berdasarkan perhitungan dengan suatu algoritma oleh Google, tetapi teorinya semakin banyak web site yang me-link ke web kita (backlink) PR kita akan semakin tinggi. Dengan submit web site ke web directory biasanya PR kita akan 1 atau 2 tergantung seberapa rajin submitnya.

Dulu saya mengaggap PR meruapkan segal-segalanya. PR tinggi berarti traffic tinggi, posisi di SE terangkat, ternyata tidak ! Saya punya blog PR4 trafficnya cuma 100 biji/hari dan posisi yang di SE untuk target keyword sangat jauh dari harapan, sampai page 7 di search result belum nongol juga. Lalu apa gunanya PR ? Kalau sekarang saya menganggap PR hanya sebagai gelar jika ingin melakukan bisnis jualan link dan paid review.

Kalau PR tinggi harga link juga naik, presentase diterima di paid review pun semakin tinggi. Oleh karena itu, makanya semakin banyak saja yang membuka lapak jualan domain ber PR. Contohnya saja di DP pada categori trade domain, sirkulasi penjualan domain sangat cepat. Dalam waktu gak sampai setengah hari posting yang baru di post bisa terlempar ke halaman 2.

Menurut saya sih content lebih penting dari PR. Kalau content bagus traffik akan tinggi meskipun PRnya rendah. Contohnya blognya om Cosa, PRnya cuma 3, sama dengan blog ini, tapi saya yakin pengunjungnya ribuan orang tiap harinya, karena memang contentnya bagus.

40 thoughts on “Page Rank (PR), Masih Penting Kah ?”

  1. Banyak mitos seputar PR ini :

    # PR tinggi = No.1 di SE, its bull shit !!! banyak pertimbangan agar No. 1 di SE, antara lain: PR, keyword, de el el termasuk tingkat persaingan antar bisnis sejenis.

    # PR adalah rangking pada semua halaman web/blog.
    Faktanya, tidak semua halaman pada suatu web/blog memiliki rangking yang sama. Umumnya rangking tinggi adalah pada halaman utamanya. Please cek dewe….. :kesel:

    Reply
  2. Tambahan :
    Banyak web/blog dengan PR tinggi tetapi sepi pengunjung dan begitu pula sebaliknya. Jadi PR tidak berhubungan langsung dengan tingkat traffic, meskipun pada kasus kasus tertentu PR tinggi lumayan membantu juga dalam mendongkrak pencarian di SE.

    Jadi rumus yang pasti apa donk ???

    Kagak pasti……….. :berpikir: :silent: karena sang empunya (Mbahh google) juga tertutup soal Algoritma nya, Semua serba pake rumus kira kira, biasanya,mungkin, dll. Dan nggak ada yang berani memastikan……….. Gitcu loooooh :ampun:

    Reply
  3. sampe sekarang aku juga masih bingung.. blog yang gak aku urusin malah dapet PR2..
    blog yang disayang2 malah gak dapet PR malah dapet PR (pekerjaan rumah) dari temen :mrgreen:

    Reply
  4. Saya sangat terkesan dengan artikel yang satu
    ini. singkat, padat dan jelas. mau jg donk,
    trik dan cara menaikkan Alexa dan PageRank
    di website saya, susah sekali rasanya untuk
    mendapatkan trik yang tepat. jika perlu,
    bisa tolong di cek di : http://www.bungkusan.com ?
    benar-benar butuh masukannya.
    Ditunggu emailnya yach, makaciii

    Reply
  5. Setelah menghabiskan beberapa saat membaca
    artikel ini, membuat kami jadi pengen segera
    mencobanya. kami bingung, padahal dulu PageRank
    Website kami 4, tiba-tiba drop jadi 1, trus
    alexanya tetap ga mau bergerak, di sekitar
    140.000an, bisa memberi kami masukan ga? kami
    tunggu email dari anda yah. Thanks,nice post 🙂

    Admin iklan-laris.com

    Reply
  6. saya setuju dgn anda, saya mulai meragukan PR…
    menurut saya content dan optimisasi page lebih penting.
    kalau blog saya dengan kata kunci yg spesifik masih bisa di page 1, padahal PR cuma 0, jika dibandingkan ama blog2 lain…

    Reply
  7. Kadang-kadang emang membingungkan melihat PageRank Google dan Alexa…..Kalau mau dinilai, mana yang lebih bagus itu relatif. Kadang dengan situs yang punya trafik tinggi, malah PR Google yang rendah…..Giliran Om google menilai PR kita tinggi, ternyata trafiknya masih juga kurang…….Tp yang jelas, semuanya berpengaruh pada bisnis online yang akan dijalani, terutama jualan links dan PTR, sangat bergantung pada kedua hal tersebut, namun bukan jaminan bahwa pasti mulus semuanya dengan adanya PR tinggi. Sy sepakat kalau yang terpenting adalah Content. Content adalah segala-galanya.

    Reply

Leave a Comment