Murai Batu Borneo: Mengenal & Cara Meningkatan Keberanian

Murai Batu Borneo adalah salah satu jenis burung yang mudah ditemukan di Kalimantan dan Sulawesi. Murai Batu Borneo merupakan salah satu burung kicau yang cukup populer. Karena popularitasnya, burung Murai Batu Borneo ini saat ini juga bisa ditemukan cukup banyak di pulau Jawa. Untuk tahu lebih dalam menangani burung Murai Batu Borneo ini berikut ini adalah ulasannya. 

Ciri dari Burung Murai Batu Borneo

Hal pertama yang akan kami bahas mengenai burung Murai Batu Borneo adalah mengenai ciri dari burung Murai Batu Borneo ini. Burung Murai Batu Borneo ini memiliki ciri yang cukup spesial. Ciri dari burung Murai Batu Borneo ini antara lain adalah :

  • Memiliki ekor yang indah 

Salah satu ciri dari burung Murai Batu Borneo ini adalah memiliki ekor yang indah. Ekor dari burung yang indah ini membuat ekor burung Murai Batu Borneo ini sangat banyak digunakan untuk melakukan kontes. Untuk ukurannya sendiri burung Murai Batu Borneo ini memiliki ekor sepanjang 18 cm hingga 20 cm. 

  • Memiliki suara kencang 

Salah satu ciri lain dari burung Murai Batu Borneo ini adalah suara yang dimilikinya. Burung Murai Batu Borneo ini memiliki suara yang kencang dan juga dapat mengeluarkan suara dengan frekuensi yang dapat. Hal inilah yang membuat burung Murai Batu Borneo ini sangat diminati. 

  • Memiliki mental yang kuat 

Salah satu alasan mengapa burung Murai Batu Borneo ini banyak dikeluarkan saat kontes adalah karena ia memiliki mental yang sangat baik. Ia juga memiliki tubuh dan stamina yang mantap sehingga ia tidak mudah stres ketika dibawa bepergian. 

Jenis burung Murai Batu Borneo

Untuk jenisnya, burung Murai Batu Borneo ini bisa ditemukan dalam jenis yang cukup banyak. Beberapa jenis dari burung Murai Batu Borneo ini antara lain adalah :

  • Jenis burung Murai Batu Borneo Batu Banjar 

Salah satu jenis dari bung Murai Batu Borneo ini adalah burung Murai Batu Borneo Batu Banjar . Jenis burung ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Ia juga memiliki ekor dengan panjang paling maksimal 15 cm saja. 

Ciri lain dari burung Murai Batu Borneo Batu Banjar ini adalah warna kakinya yang berwarna coklat kehitaman, putih kekuningan, hitam dan juga coklat kemerahan. Hal lain yang menjadi ciri khas dari burung Murai Batu Borneo Batu Banjar ini adalah mengenai bulu dada halus yang dimilikinya. 

Bulu dada halus yang dimiliki oleh burung Murai Batu Borneo Batu Banjar ini akan berkembang pada saat ia akan bertarung. Hal ini membuat burung ini menjadi sangat menarik dan unik. 

  • Jenis burung Murai Batu Borneo batu Palangka

Beda dengan burung Murai Batu Borneo Batu Banjar, burung Murai Batu Borneo Batu Palangka ini memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang. Jenis burung Murai Batu Borneo Batu Palangka ini memiliki ekor memanjang dari 15 cm hingga 18 cm dan memiliki bulu dada yang berwarna kecoklatan. Bulu dada berwarna kecoklatan ini bisanya juga akan berkembang ketika burung Murai Batu Borneo ini akan bertarung. 

  • Jenis burung Murai Batu Borneo Batu Mahkota 

Jenis burung Murai Batu Borneo ini memiliki bulu dada berwarna coklat muda. Ciri lainnya adalah kakinya yang memiliki warna hitam kelam. Untuk ukurannya, biasanya burung Murai Batu Borneo Batu Mahkota ini akan memiliki ukuran agak kecil. 

Perbedaan pejantan Murai Batu Borneo dan betina Murai Batu Borneo

Bagi Anda yang ingin memelihara Murai Batu Borneo untuk dijadikan sebagai hewan ternak, maka Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakan burung Murai Batu Borneo jantan dan betina. Untuk bisa membedakannya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu. 

  • Murai Batu Borneo jantan biasanya memiliki ekor yang lebih panjang 
  • Murai Batu Borneo betina biasanya memiliki tubuh lebih pendek dan membulat 
  • Murai Batu Borneo jantan memiliki kepala besar dan lonjong 
  • Suara dari Murai Batu Borneo jantan akan lebih lantang 
  • Mata burung Murai Batu Borneo jantan biasanya lebih menonjol keluar 
  • Tulang supit urang pada Murai Batu Borneo jantan biasanya akan lebih keras dan lebih sempit. 

Cara meningkatkan keberanian burung Murai Batu Borneo

Pada dasarnya, burung Murai Batu Borneo memang dikenal dengan burung yang berani dan banyak digunakan sebagai burung petarung dan burung kontes. Akan tetapi untuk meningkatkan keberanian dari burung Murai Batu Borneo ini, maka Anda bisa mengikuti beberapa hal berikut ini. 

  • Cara memberi pakan 

Ketika Anda akan memberikan pakan untuk burung Murai Batu Borneo Anda, pastikan Anda memberikan pakan hewan hidup seperti jangkrik. Pastikan pakan ini juga diberikan dengan wadah bukan disodorkan dengan menggunakan tangan. Hal ini digunakan untuk melatih insting menyerang dari burung Murai Batu Borneo yang Anda miliki. 

Jenis pakan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Hanya gunakan pakan jangkrik yang sehat dan siap konsumsi agar ocehan dari burung Murai Batu Borneo Anda menjadi makin kuat. 

  • Simpan di tempat yang tepat 

Ketika Anda akan memasukkan burung Murai Batu Borneo ini untuk kontes, pastikan burung ini jauh dari burung kicau lainnya sehingga ia dapat menjaga stamina dan kualitas suara. Mendekatkan burung Murai Batu Borneo ini dengan burung lainnya sebelum kontes akan membuat burung ini terpancing untuk mengeluarkan suara. Perhatikan juga mengenai faktor cahaya dan suhu udara untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghindarkan burung Murai Batu Borneo ini dari stres sebelum mengikuti kontes. 

Vitamin Terbaik untuk Lovebird
Vitamin Terbaik untuk Lovebird

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat menarik untuk dipelihara. Burung lovebird ini memiliki daya tarik dari segi bulunya Read more

Fakta Raflesia Arnoldi, Flora Endemik Indonesia yang Hampir Punah
Fakta Raflesia Arnoldi, Flora Endemik Indonesia yang Hampir Punah

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang sangat kaya. Baik itu budaya, flora, fauna dan hal-hal lain yang menarik. Salah Read more

Mobil Listrik Murah di Indonesia, Mana Pilihanmu?
Mobil Listrik Murah di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Semakin hari kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang sehat demi bumi yang semakin baik untuk anak cucu nanti membuat banyak orang Read more

1 Tahun Berapa Hari? Perhitungan Minggu, Bulan, Jam, Menit dan Detik

Banyak orang tentu tahu rata – rata hari dalam setahun. Tapi hitungan ini tidak selalu akurat. Bagi yang menggali lebih Read more

Leave a Comment