Mobil Listrik Murah di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Semakin hari kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang sehat demi bumi yang semakin baik untuk anak cucu nanti membuat banyak orang semakin sadar dengan menciptakan mobil listrik. Sesuai namanya maka mobil ini tidak menggunakan bahan bakar minyak bumi namun menggunakan bahan bakar listrik. Apalagi mobil dianggap sebagai penunjang mobilitas baik untuk pergi ke kantor hingga acara mudik yang menjadi budaya masyarakat. Apa saja yang harus anda perhatikan sebelum membeli mobil listrik murah?

Kelebihan Mobil Listrik

Sebelum mencari tahu lebih lanjut tentang mobil listrik mana yang harus anda pilih ada baiknya mencari tahu tentang seluk beluk mobil listrik ini berikut dengan kelebihannya. Mobil listrik merupakan solusi masa kini untuk mendapatkan mobil yang tetap ramah lingkungan. Seperti yang kita tahu bahwa mobil listrik pada akhirnya tidak menghasilkan emisi yang merusak lingkungan. Jika anda mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan demi anak cucu nanti maka membeli mobil listrik menjadi salah satu pilihan yang bijak,

Mobil listrik menjadi solusi untuk mengurangi polusi suara. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini mobil dengan bahan bakar minyak bumi menjadi salah satu penyebab polusi suara. Suara yang dihasilkan oleh mobil berbahan bakar minyak disebabkan karena proses pembakaran dari bahan bakar tersebut yang nantinya berfungsi untuk menggerakkan mobil. 

Mobil listrik juga dikenal cukup fleksibel dalam hal pengisian bahan bakar. Anda hanya perlu melakukan pengisian listrik dan bisa menggunakannya. Ini seperti memiliki baterai yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan listrik dari mobil. Apabila baterai sudah full maka anda bisa menggunakan mobil tersebut untuk berjalan – jalan atau beraktivitas sebagaimana umumnya. 

Mobil listrik memiliki perawatan yang jauh lebih sederhana dibandingkan komponen pada mobil berbahan bakar minyak. Mobil dengan bahan bakar minyak memiliki berbagai komponen mesin yang mengubah bensin menjadi energy gerak. Sedangkan pada mobil listrik hanya membutuhkan pengecekan secara berkala pada komponen listrik yang dimiliki oleh mobil tersebut. 

Jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak sebenarnya mobil listrik jauh lebih murah. Saat ini mobil listrik sudah sangat sering digunakan pada berbagai negara. Apalagi karena faktor kemudahan perawatannya membuat banyak orang semakin berminat memiliki mobil ini.

Mobil Listrik Vs Mobil Hybrid

Beberapa waktu lalu Presiden Indonesia sudah menandatangani Perpres tentang mobil listrik. Sebenarnya apa yang menjadi perbedaan antara mobil listrik dan mobil hybrid? Seperti yang sudah anda tahu sebelumnya bahwa mobil listrik menggunakan tenaga listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak. Umumnya mobil listrik menggunakan baterai Lithium sebagai penyimpan daya. Sedangkan mobil hybrid merupakan jenis mobil yang memiliki dua jenis teknologi. Jadi, jika dengan mobil listrik anda hanya bergantung pada listrik yang disimpan dalam baterai maka dalam mobil hybrid anda bisa menggunakan bensin serta baterai.

Apabila anda memilih mobil hybrid maka memungkinkan anda untuk tetap bisa mengandalkan dua jenis mesin baik baterai serta bensin. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan jika misalnya ada kondisi dimana tidak bisa menemukan tempat pengisian bensin. Ada beberapa mobil yang memungkinkan penggunanya untuk bisa menggunakan bensin dan hanya menggunakan listrik saja. 

Sebenarnya mobil hybrid bukan menjadi penemuan terbaru karena pada tahun 1902 sudah diciptakan mobil yang memiliki dua mesin atau disebut sebagai mobil hybrid. Mobil tersebut disebut sebagai mobil “Mixte” karena merupakan campuran dari dua mesin, bahkan mobil ini pun mulai dipasarkan secara luas pada tahun 1997 oleh pabrikan Jepang. Selain itu teknologi canggih dual mesin atau hybrid ini juga tidak pertama kalinya digunakan pada mobil. Namun pada beberapa perangkat misalnya lokomotif, truk penambangan, kapal selam sudah cukup sering menggunakan teknologi hybrid. 

Banyak orang memilih membeli mobil hybrid dibandingkan mobil dengan satu mesin atau mobil dengan bahan bakar minyak. Saat ini bahkan dengan semakin majunya teknologi juga meningkatkan efisiensi mesin dari mobil hybrid. Mobil hybrid terbaru bahkan disinyalir bisa memberikan efisiensi mesin sebesar 2x lipat dibandingkan jenis mobil dengan bahan bakar minyak konvensional. Untuk proses maintenance pun sudah cukup banyak montir yang berpengalaman dalam memperbaiki mobil hybrid. Biaya yang dibutuhkan untuk proses perawatan berkala pun tidak terlalu mahal. 

Kelebihan yang dimiliki oleh mobil hybrid dibandingkan mobil listrik lainnya yakni kemampuan mobil hybrid yang mampu mengurangi polusi udara dengan persentase cukup besar mencapai 80%. Selain itu baterai yang terdapat dalam mobil hybrid juga terbukti jauh lebih awet meskipun memiliki harga yang cukup mahal namun hal ini tentu saja sesuai dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Bahkan jika anda tidak menyukai mobil berbahan bakar minyak karena menghasilkan polusi suara maka memilih mobil hybrid menjadi pilihan bijak karena mobil ini juga menghasilkan polusi suara yang nyaris tidak terdengar. Bahkan ketika terjebak macet maka mobil hybrid memiliki kemampuan untuk mematikan mesin guna menghindari  pemborosan energi. 

Daftar Mobil Listrik Murah

Jika anda tertarik dengan mobil listrik murah, ada beberapa varian yang sudah bisa anda pilih misalnya Tesla Model 3, mobil yang dibuat oleh Elon Musk ini sudah bisa anda dapatkan di Indonesia mulai dari 3 tahun yang lalu. Rentang harga tesla yakni 1 – 2 Milyar. Jika harga tersebut masih terkesan mahal maka ada pilihan mobil listrik dari Nissan di harga 500jutaan saja yakni Nissan Kicks E-Power, mobil ini merupakan mobil keluaran Nissan yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 128 tenaga kuda dengan torsi sebesar 260 Nm. Mobil ini sebenarnya masih memiliki mesin bensin namun sudah memiliki cara otomatis agar bensin mampu mengisi baterai listrik tersebut. 

Daftar Mobil Listrik Mahal

Untuk kelas mobil listrik mahal memang ada beberapa pilihan, siapkan budget yang anda miliki. Tesla Model S menjadi salah satu mobil listrik yang memiliki harga pasar mencapai 4.4 Milyar, mobil ini menjadi salah satu pilihan jika anda menginginkan mobil listrik yang mewah. Sesuai dengan harga yang cukup mahal, mobil ini juga dilengkapi dengan baterai lithium yang memiliki daya hingga 100 kWh, daya tersebut bertujuan untuk menopang kinerja dari dua motor listrik dalam mesin. 

Daftar Mobil Hybrid

Saat ini ada beberapa mobil hybrid yang dapat anda pilih mulai dari Porsche hingga Hyundai. Ada beberapa varian mobil Porsche yang menawarkan teknologi Hybrid yakni Porsche Cayenne S E-Hybrid, Porsche Paanamera S E-Hybrid. Mobil mewah lain seperti Mini Cooper dan Audi juga ikut meramaikan mobil Hybrid ini dengan kehadiran varian Mini Cooper SE Countryman serta Audi 3 E-Tron. BMW menjadi salah satu pabrikan yang memiliki cukup banyak varian diantaranya BMW i8, BMW 330e, dan BMW X5 xdrive40e.

Leave a Comment