Menghemat Bandwidth Dengan RSS Feed

RSS FeedJika anda gemar membaca berita dari Internet, biasanya Anda mengunjungi situs penyedia berita untuk memperoleh berita-berita terbaru. Seiring dengan berkembangnya Internet sekarang ini untuk memperoleh informasi terbaru dari Internet tidak harus mengunjungi situs penyedia informasi tetapi sudah menggunkan RSS.

RSS berisi content murni dari suatu web site. Jika suatu website biasanya berisi iklan, gambar, navigasi, maka RSS hanya berisi judul berita, isi berita, dan informasi tanggal pembuatannya. Dengan demikian akan lebih mudah enak di baca.

RSS sendiri dbuat menggunkan XML dengan menggunakan suatu standar. Untuk membaca RSS dibutuhkan RSS Reader. Sekarang ini yang paling banayk adalah RSS Reader berbasis web, contohnya adalah My Yahoo dan Google Reader.

Untuk mengetahui suatu web site menyediakan RSS atau tidak, Anda bisa bisa menggunakan Firefox dan mengunjungi suatu web site. Jika di sebelah kanan URL ada logo RSS, maka web site tersebtu mempunyai RSS. Untuk mendapatkan alamat RSSnya klik pada logo tersebut.

RSS Feed

Membaca RSS dengan My Yahoo :

1. Login ke My Yahoo

2. Klik Add Content.

3. Anda bisa memilih apa akan memasukkan alamat RSS sendiri atau memilih RSS yang telah disediakan oleh Yahoo.

4. Jika Anda ingin memasukkan RSS sendiri, pilih Add RSS by URL. Kemudian masukkan alamat RSSnya.

5. Jika ingin menggunkan RSS dari Yahoo gunkan fasilitas search yang disediakan atau memilih dari kategori yang sudah ada.

My Yahoo

Membaca RSS dengan Google Reader :

1. Login ke Google Reader.

2. Klik Add subcription jika Anda ingin memasukkan RSS Anda sendiri.

3. Klik Browse jika ingin memilih RSS yang disediakan Google.

Google Reader

Sekarang setiap Anda login ke My Yahoo atau Google Reader, Anda akan disuguhi informasi-informasi terbaru dari web site favorit Anda.:smile:

You may also like...

4 Responses

  1. Morris says:

    i love your blog,really nice

  1. October 9, 2007

    […] kita Publish sebuah artikel maka wordpress akan memberitahukan ke website yang mempublish RSS seperti Yahoo, Feedster, dll. Secara default wordpress hanya kan melakukan ping ke […]

  2. March 18, 2008

    […] kerja web site ini cukup sederhana, kita bisa saling sharing RSS/Feed dari blog, twitter, Youtube, last.fm, Digg, dll. Dengan kata lain kita dapat melakukan tracking […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *