Menjadi No. 1 di Search Engine – Part I (Pengenalan SEO)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu cara untuk meningkatkan rangking kita di search engine. Untuk memahami SEO kita perlu tentang bagaimana ssearch engine menentukan rangking suatu website.

Ketika Anda searching di Internet menggunakan Google misalnya, apakah pernah terpikirkan oleh Anda, mengapa suatu website bisa berada di urutan paling atas untuk keyword yang Anda masukan. Dari beberapa teman yang saya tanyai mereka umumnya menjawab tiga alasan, yaitu :

1. Website tersebut mengandung banyak kata yang sama dengan keyword Anda.

2. Website tersebut banyak pengunjungnya.

3. Website tersebut sudah populer.

Dari ketiga jawaban diatas ada 1 yang jawaban yang hampir benar.

Oke, mari kita analisa satu – satu :

Jawaban Pertama

Salah. Mungkin dulu search engine bisa ditipu dengan memasang banyak keyword di website kita, tetapi sekarang search engine sudah jauh lebih pintar, bahkan jika Anda melakukan hal tersebut, maka Anda dianggap melakukan keyword spamming dan website Anda bisa di blokir oleh search engine, yang artinya website Anda tidak akan muncul di hasil pencarian search engine.

Jawaban Kedua

Juga Salah. Search engine tidak mengurutkan rangking suatu website berdasarkan jumlah pengunjungnnnya. Mengapa ? Sebagai contoh suatu website Universitas yang digunakan untuk pusat informasi dan sebagai komunitas dari mahasiswanya, maka website tersebut akan banyak pengunjungnnya tetapi hanya dari internal kampus. Itulah mengapa jumlah pengunjung tidak bisa dijadikan patokan.

Jawaban Ketiga

Hampir Benar. Search Engine menentukan rangking suatu website berdasarkan popularitasnya, tetapi bukan populer di dunia nyata, tetapi populer di Internet. Lalu Bagaimana suatu website dikatakan populer ? Inilah pertanyaan yang melandasi SEO dan yang akan kita bahas lebih jauh.

Popularitas Suatu Website

Sekarang coba Anda searching di Google menggunakan keyword “windows xp” tanpa kutip. Yang diurutan pertama adalah situsnya Microsoft. Mungkin Anda sudah tahu kalau pembuat Windows XP adalah Micrsoft, makanya situsnya Microsoft berada dirutan pertama. Tetapim tunggu dulu coba Anda searching lagi dengan keyword “click here” tanpa kutip. Yang berada diurutan teratas adalah websitenya Adobe ,di alamat http://www.adobe.com/products/acrobat/readstep2.html, lho kok bisa ? apa hubungannya “click here” dengan situsnya Adobe.

click here search

Hal tersebut menunjukkan bahwa situsnya Adobe sangat populer untuk keyword “click here”. Hal itu disebabkan karena banyak website lain yang melink di ke situsnya dan kebanyakan menggunakan keyword “click here”. Untuk mengecekanya coba ketik di Google “link:http://www.adobe.com/products/acrobat/readstep2.html” tanpa tanda kutip. Disetiap hasil pencarian pasti ada link yang mengarah ke situsnya Adobe dan coba lihat jumlahnya ada 1,340,000 buah situs.

Dari contoh diatas bisa disimpulkan kalau semakin banyak situs lain yang melink ke website kita dengan suatu keyword tertentu, maka semakin populer website kita untuk keyword tersebut. Tetapi bukan hanya banyak link yang mengarah ke website kita saja yang menjadi ukuran, tetapi juga dari website mana link tersebut dapat berasal, bila link yang mengarah kesitus kita dari website yang populer, maka semakin populer pula website kita di search engine dan Internet. Tapi website yang melink ke website Anda juga harus memiliki content yang mempunyai topik yang sama dengan website Anda.

Page Rank

Page Rank merupakan ukuran popularitas suatu website yang digunakan Google. Page Rank mempunyai rank dari 0 sampai 10, semakin tinggi Page Rank semakin populer suatu website. Untuk melihat Page Rank suatu website Anda bisa mendownload Google Toolbar yang tersedia untuk Firefox dan IE.

Anda juga bisa mengecek Page Rank suatu website dengan menggunakan sevices website lain yang mapu mengecek Page Rank suatu website, salah satunya adalah http://www.checkpagerank.com

Ulasan diatas hanya sebagain kecil penjelasan tentang SEO beikutnya Anda akan belajar cara menerapkan SEO untuk website Anda.

Next : Menajadi No. 1 di Search Engine – Part II (Keyword Research)

30 thoughts on “Menjadi No. 1 di Search Engine – Part I (Pengenalan SEO)”

  1. Terima kasih atas posting yg ada, dan semua bagus & mudah untuk dipelajari, saya sangat ingin sekali belajr membuat posting, karena saya masih belajar, mohon kiranya mau membantu dan lagi saya tidak mengerti tentang desain blog/web (apalagi bahasa2nya), jadi ya saya pake yg sudah ada saja. sekali lagi terima kasih atas infonya 😳

    Reply

Leave a Comment