Manfaat Jintan Hitam dan Putih untuk Diet

Tidak hanya jintan hitam yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, namun juga jintan putih. Hal itu karena berbagai macam kandungan baik terdapat di dalam jintan putih. Selain itu, berbagai kandungan tersebut sangat membantu Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. 

Seperti yang diketahui, bahwa banyak orang baik laki-laki maupun perempuan menginginkan untuk mempunyai badan yang ideal. Tidak heran jika berbagai cara dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan seperti berolahraga hingga melakukan diet ketat dengan menjaga pola makan sampai mengonsumsi obat atau herbal alami penurun berat badan. 

Nah, bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan jintan putih karena banyak manfaat jintan putih untuk diet. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasannya. 

Berbagai Manfaat Jintan Putih untuk Diet

1. Membantu dalam Pembakaran Lemak

Manfaat jintan putih untuk diet yang pertama adalah membantu pembakaran lemak. Tentunya dengan pembakaran lemak dalam tubuh dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat karena lemak menjadi berkurang. Manfaat pembakaran lemak pada jintan putih ini sama halnya dengan manfaat cuka apel untuk diet. 

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang dikatakan di atas, jika manfaat daun jinten putih untuk diet sangat banyak. Jintan putih membantu dalam menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Jintan putih ini membantu mempercepat dalam proses pengidealan tubuh. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal, bisa mencoba cara mengonsumsi jintan putih untuk salah satu caranya. 

3. Membantu Menghambat Penyerapan Kolesterol

Tidak hanya bisa membantu dalam pembakaran lemak, nyatanya jintan putih dapat untuk menghambat penyerapan dari kolesterol jahat. Seperti yang diketahui jika ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Jika kolesterol jahat wajib untuk dimusnahkah, sementara kolesterol baik sangat bagus untuk tubuh. 

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat jintan putih yang selanjutnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Saat melakukan program penurunan berat badan, pencernaan yang lancar sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Pencernaan yang lancar juga akan membantu tubuh Anda terlihat lebih ideal karena perut tidak terlihat gendut. 

5. Membantu dalam Pembakaran Kalori

Manfaat yang selanjutnya dari jintan putih adalah membantu dalam pembakaran kalori di tubuh. Dengan pembakaran kalori yang baik, tentu akan membantu memperlancar dalam program penurunan berat badan Anda. Kalori memang cukup penting untuk tubuh, namun jika terlalu banyak kalori di dalam tubuh tidaklah baik dan juga bisa membuat Anda menjadi terlihat gemuk. 

6. Membantu Melancarkan Program Diet

Manfaat selanjutnya dari jintan putih ini adalah melancarkan program diet Anda. Mengonsumsi jintan putih dipercaya mampu menjadi solusi termudah dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh terlihat lebih ideal. 

Itulah berbagai manfaat jintan putih untuk diet. Nah, setelah mengetahui mengenai berbagai manfaat jintan putih di atas, mari ketahui juga mengenai manfaat dari jintan hitam. Berikut ini adalah pembahasannya. 

Manfaat Jintan Hitam untuk Wanita

Manfaat jinten hitam untuk kesuburan wanita sudah dibuktikan oleh cukup banyak penelitian. Jintan ini mengandung antioksidan tinggi yaitu asam lemak tidak jenuh dan Thymoquinone yang dipercayai mampu membantu untuk meningkatkan kesuburan wanita. Namun, untuk berapa dosis atau takaran jintan ini untuk dikonsumsi, bagaimana efek samping, hingga durasi konsumsi yang ideal masih perlu banyak dikembangkan penelitiannya yang valid. Sehingga manfaat jintan tersebut untuk kesuburan wanita bisa benar-benar terbukti ampuh. 

Macam-Macam Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

Selain, bermanfaat untuk kesuburan wanita, manfaat habbatussauda/jinten hitam juga bagus untuk kesehatan. Tidak heran jika minyak habbatussauda saat ini banyak diincar oleh orang-orang untuk digunakan.

Nah, kira-kira apa saja manfaat dari jinten hitam tersebut untuk kesehatan? Berikut ini ulasannya:

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pertama dari jinten hitam adalah membantu untuk menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi pil ekstrak dari jinten hitam ini selama dua bulan setiap harinya mampu untuk menurunkan tekanan darah orang-orang yang mempunyai hipertensi ringan. Tidak hanya itu, mengonsumsi pil ekstrak juga mampu untuk menurunkan kolesterol yang jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL. 

2. Membantu Melawan Kanker

Manfaat dari jinten hitam yang kedua adalah membantu melawan kanker. Hal itu karena jintan ini mengandung antioksidan etanol yang dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Penelitian yang terbaru bahkan menunjukkan jika thymoquinone yang ada di dalam minyak jinten hitam mampu untuk mempengaruhi kematian beberapa jenis sel kanker seperti kanker darah atau leukemia, kanker payudara dan kanker otak. 

3. Membantu Mengatasi Gejala Diabetes

Jinten hitam juga bermanfaat untuk mengatasi gejala diabetes. Herbal ini mampu untuk mengatur kadar gula di dalam darah serta kolesterol. Ekstrak jinten hitam yang dicampurkan dengan herbal khas Timur seperti Gum asafetida, Myrrh dan lain sebagainya akan sangat efektif untuk menurunkan kadar gula. 

4. Membantu Mengatasi Gejala Asma

Jinten hitam juga dapat membantu dalam mengatasi gejala asma. Pada suatu penelitian ketika batuk dan mengonsumsi obat batuk dilengkapi dengan jinten hitam, maka bisa untuk menurunkan frekuensi dari batuk. Tidak hanya itu, jinten hitam mempunyai fungsi untuk menjaga kerja dari paru-paru. 

5. Membantu Mengatasi Gejala Alergi

Minyak jinten hitam bisa untuk mengobati alergi seperti hidung gatal, bersin-bersin, hingga penyumbatan dihitung dalam pemakaian dua minggu. Sedangkan pada penelitian lain, minyak jinten hitam ini juga memiliki peluang untuk mengobati sinusitis karena mempunyai kandungan antioksidan, antiinflamasi, antihistamin, antimikroba dan efek analgesic. 

Tidak hanya untuk kesehatan, jinten putih dan jinten hitam bagus serta bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut adalah berbagai manfaat tersebut:

Manfaat Jintan Putih dan Jintan Hitam untuk Kecantikan

1. Menyehatkan Kulit

Manfaat dari jintan putih untuk kecantikan salah satunya adalah untuk menyehatkan kulit. Hal itu karena jintan putih mengandung vitamin E. Jika dikonsumsi secara teratur jintan putih bisa membuat kulit tampak lebih awet muda dan sehat. 

2. Menyembuhkan Jerawat

Kotoran yang menumpuk di dalam permukaan kulit bisa menimbulkan jerawat yang menganggu penampilan. Jintan putih bisa membantu dalam mengatasi masalah jerawat tersebut. Hal itu karena jintan putih mengandung minyak esensial yang membantu menyembuhkan bisul, jerawat dan gangguan kulit yang lain. Tidak hanya itu, jintan putih juga mengandung anti mikroba dan anti fungal yang membantu dalam mencegah dan mengobati infeksi mikroba dan jamur. 

3. Membantu Meremajakan Kulit

Mengoleskan minyak jinten hitam di wajah selama lima belas menit lalu ditutupi oleh handuk dapat membantu dalam meremajakan kulit. Selain itu, dengan cara ini kulit wajah Anda juga terlihat semakin sehat dan kencang. Nah, demikian pembahasan dari manfaat jintan hitam dan manfaat jintan putih untuk diet. Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat dari bahan-bahan alami tersebut? Jadi, Anda tidak perlu ragu jika ingin mencoba untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat!

8 Nutrisi Teratas yang Dibutuhkan Tubuh Agar Berfungsi Dengan Baik

Nutrisi adalah bahan bakar yang dibutuhkan tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan baik. Ada berbagai nutrisi yang Anda butuhkan yang Read more

Masker Green Tea: Ciptakan Kulit Wajah Cantik Anda Secara Maksimal
Masker Green Tea: Ciptakan Kulit Wajah Cantik Anda Secara Maksimal

Melakukan perawatan wajah sangatlah penting terutama bagi para perempuan demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Apalagi wajah adalah bagian terluar yang Read more

Resep Makanan Ibu Hamil dari Trimester 1 Sampai 3
Resep Makanan Ibu Hamil dari Trimester 1 Sampai 3

Ketika memasuki masa kehamilan, para wanita pasti tidak ingin melewatkan resep makanan ibu hamil yang sehat dan aman dari trimester Read more

Susu Untuk Membuat Anak Bayi Lebih Gemuk
Susu Untuk Membuat Anak Bayi Lebih Gemuk

Seorang orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya bukan? Salah satu hal terbaik yang bisa Anda berikan pada anak Read more

Leave a Comment