Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Kunci Immobilizer Serta Cara Kerjanya

Di zaman yang modern saat ini, banyak mobil yang diproduksi dengan menyediakan fitur-fitur yang canggih di dalamnya. Fitur canggih tersebut salah satunya adalah kunci immobilizer yang merupakan fitur di mobil keluaran terbaru. Kunci ini dirancang secara khusus dengan menggunakan sistem enkripsi elektronik yang membuat mobil Anda menjadi lebih aman. Sehingga pastinya kunci ini berbeda dengan kunci mobil yang biasny.

Perlu diketahui bahwa di dalam kunci immobilizer terdapat transponder chip dengan kode khusus dan sudah terpasang di mobil Anda. Jika kode yang ada di kunci sudah cocok dengan mobil, maka mesin mobil Anda pun akan menyala dan siap untuk dikemudikan.

Kelebihan Dan Kekurangan Kunci Immobilizer

Di samping kelebihan yang dimiliki oleh kunci mobilizer, kunci ini pun juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui.

1.    Kelebihan Kunci Mobilizer

–        Sulit Untuk Dicuri

Diketahui bahwa peningkatan fitur pada mobil juga berpengaruh dari sisi keamanannya. Inilah yang ditawarkan dari kunci mobilizer yang mampu melindungi mobil Anda dari tindak kejahatan. Diketahui sebelumnya bahwa di dalam kunci sudah dilengkapi dengan transponder chip dengan kode khusus yang sudah tersambung dengan yang ada di mobil Anda.

Mobil Anda tidak akan menyala jika kode di kunci tidak cocok. Sehingga mobil pun tidak akan bisa digunakan, kecuali menyalakan mobilnya secara paksa. Oleh karena itu, untuk mobil-mobil yang berkelas menengah ke atas penting untuk dibekali dengan kunci mobilizer agar tetap aman.

–        Tidak Memiliki Umur Pemakaian

Diketahui bahwa kunci immobilizer ini tidak memiliki umur pemakaian. Selama kondisi kunci tersebut masih normal, maka bisa terus Anda fungsikan. Kecuali jika kunci tersebut sudah habis baterainya atau terjadi kerusakan yang disebabkan oleh benturan.

–        Penggunaannya Hampir Sama Dengan Kunci Biasa

Meskipun sistem kerjanya dengan mencocokkan kode antara kode di kunci dengan kode di mobil, namun penggunaannya tidaklah rumit dan hampir sama dengan kunci biasanya. Yakni tetap memasukkan kunci ke lubang dan memutarnya sampai ke posisi “Start”.

2.    Kelemahan Kunci Immobilizer

–        Jika Terjadi Kerusakan Harus Mengganti Seluruhnya

Jika salah satu bagian kunci immobilizer mengalami kerusakan, maka Anda harus mengganti semua rangkaiannya. Di mana Anda harus mengganti kunci, rumah kunci, ECM, sampai PCM-nya.

–        Harganya Yang Tergolong Tinggi

Selain kerusakan salah satu komponen yang memaksa Anda untuk membeli kunci yang baru lagi, maka diketahui bahwa harga yang ditawarkan pun tergolong tinggi. Tidak mengherankan jika mobil-mobil keluaran baru yang dilengkapi dengan kunci immobilizer memberikan harga yang lebih tinggi. Jadi, fitur ini pun belum secara keseluruhan bisa diberikan pada semua kendaraan.

Duplikat Kunci Immobilizer

Bagi Anda yang sudah menggunakan mobil dengan kunci immobilizer, maka jika sewaktu-waktu ingin menduplikatnya maka bisa Anda lakukan. Namun, menduplikat kunci ini tidaklah asal-asalan dalam upaya menghindari risiko pada penggunaan yang tidak bertanggung jawab dan membahayakan mobil Anda. Ada beberapa syarat tertentu yang harus Anda ketahui sebelum bisa menduplikatnya.

Syarat yang pertama adalah memastikan kepemilikan dari mobil tersebut secara jelas. Kemudian untuk master kuncinya jangan sampai hilang. Karena jika sudah hilang, maka dengan terpaksa Anda harus membuat secara ulang keseluruhannya. Lalu dari pihak dealer akan melakukan registrasi ke prinsipal.

Jika registrasi tersebut sudah diizinkan untuk melakukan penambahan, maka permintaan untuk membuat yang baru pun bisa mulai diproses. Pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya akan memakan waktu beberapa jam. Berbeda jika seluruh kuncinya hilang, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Proses registrasi yang dijalani tersebut bertujuan untuk menghindarkan dari mudahnya menduplikasi kunci immobilizer. Karena pada hakikatnya kunci ini adalah untuk keamanan mobil Anda. Sehingga persyaratannya pun harus dilakukan secara ketat dan tidak sembarangan.

Sedangkan untuk harganya juga berbeda-beda tergantung tipe dan jenis mobil. Berdasarkan informasi, untuk mobil keluaran Jepang seperti Mobilio, Avanza, dan mobil Jepang lainnya akan dikenakan tarif di bawah Rp 1 juta. Sedangkan untuk mobil-mobil premium seperti Lamborgini, maka tarif yang diberikan bisa di atas Rp 10 juta.

Untuk melakukan duplikasi kunci immobilizer, selain ke dealer juga bisa melalui lock smith. Namun, Anda harus memastikan bahwa lock smith tersebut sudah mengantongi sertifikat resmi serta memiliki track record yang baik. Dengan begitu, hal ini bisa menjamin keamanan dari mobil Anda.

Cara Kerja Kunci Immobilizer

Di dalam kunci immobilizer terdapat beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan untuk nantinya bisa digunakan menyalakan mobil. Komponen tersebut berupa Transmitter yang berfungsi untuk mengirim gelombang radio dengan frekuensi tertentu untuk menuju control module.

Lalu Transponder untuk menerima sinyal gelombang radio yang dikirim ke control modul dan melakukan identifikasi. Kemudian The Deterent Module untuk mengelola gelombang radio yang diterima.

Cara kerjanya adalah saat kunci kontak dimasukkan ke lubang, maka Transmitter akan mengirimkan gelombang radio ke Theft Detterent Control Module. Lalu gelombang akan dierima dan diidentifikasi oleh Transponder yang ada di dalam Theft Detterent Control Module. Jika frekuensi yang dikirim sesuai, maka transponder tersebut akan mengirim data ke Engine Control Module guna mengaktifkan rangkaian sistem pengapian serta menghidupkan relay pompa bahan bakar. Dengan begitu, kunci pun sudah terkoneksi dengan ECU mobil Anda. Anda hanya perlu memutar ke “Start” dan mesin mobil pun akan menyala.

Jadi, inilah kunci mobil dengan peningkatan sistem keamanan yang lebih baik daripada kunci biasanya. Meskipun kunci immobilizer ini memiliki kelebihan dari sisi keamanan yang baik, namun tetaplah bahwa kunci ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya dari sisi harga yang tergolong tinggi.

Rekomendasi Tempat Mengganti / Duplikat Kunci Mobil Yang Rusak

Untuk mengganti casing atau membuat duplikat kunci Immobilizer tidak semua tukang kunci bisa. Di butuhkan alat khusus dan tidak bisa tidak bisa dilakukan secara manual. Biasanya bengkel resmi bisa melakukan penggantian kunci yang rusak, tetapi biayanya sangat mahal. Untuk mobil HRV tipe S saya bertanya ke Honda harganya mencapai 1 juta lebih.

Untuk menghemat biaya duplikasi atau perbaikan kunci bisa di lakukan di luar bengkel resmi. Kalau Anda berdomisili di Yogyakarta bisa ke Maestro Kunci. Saya mengnganti casing kunci HRV cuma habis 250 ribu.

Lokasi Maestro Kunci Jogja

https://g.page/maestro-kunci?share

Leave a Comment