Hati – Hati Memakai Plugin StatPress

Bagi yang suka memakai plugin stats sekarang coba cek ukuran database wordpressnya. Jika kelewat besar mungkin harus curiga sama plugin stats yang digunakan. Say baru menyadari kaalu plugin stats ternyata membuat log didatabase dengan ukuran tabel di database yang cukup besar. Perlu diketahui ukuran databse yang cukup besar tntu saja akan mengurangi performance blog, karena harus melkaukan query ke jumlah data yng cukup besar.

Salah satu plugin yang ukuran tabelnya cukup besar adalah plugin StatPress. Plugin ini memang cukup bagus dalam menampilkan stats blog yang bisa di lihat di admin. StatPress memnapilkan stats dalam bentuk grafik yang enak dilihat, tp seiring berjalannnya waktu log dari plugin ini semakin membengkak. Contoh saja, disalah satu blog saya ukuran tabel StatPress bisa mencapai 100 MB lebih. Akhirnya saya putuskan untuk menendang plugin ini.

StatPress WordPress Plugin

Cara uninstall StatPress :

1. Deactived plugin ini dari Dasdboard blog

2. Masuklah ke phpmyadmin dari Cpanel.

3. Pilih database dari blog yang dinstal StatPress. jika tidak tahu databse yang mana, coba buka fila wp-config.php di tempat installasi blog. Cari baris :

define(‘DB_NAME’, ‘wordpress’);

WordPress adalah nama databse dari contoh diatas.

4. Carilah tabel wp-statpress, kemudian klik tanda silang untuk menghapus.

Sekedara sarn, lebih baik menggunakan stats yang bukan berupa plugin seperti Google Analitic atau Histats.

5 thoughts on “Hati – Hati Memakai Plugin StatPress”

Leave a Comment