Good Keyword = Good Rangking

Untuk sukses dalam SEO, pemilihan keyword merupakan hal sangat penting. Kesalahan pemilihan keyword bisa menyebabkan website tidak mendapatkan posisi yang dinginkan di search engine. Misalnya kita memilih keyword “free manga download” karena banyak dicari orang, tapi apakah keyword yang banyak dicari orang pasti merupakan keyword yang bagus.

Keyword dengan volume pencarian mencapai ratusan ribu per bulannya belum tentu merupakan keyword yang baik. Ada beberapa factor lain yang harus diperhatikan. Jika ingin menembus top 10 di Google, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan tentang website pesaing yang sudah berada di top 10.

1. Page Rank
Jika website yang ada di top 10 Google sudah mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi (diatas 5), maka akan sulit untuk menembusnya. Page Rank adalah semacam pangkat suatu website, semakin tinggi pangkatnya, suatu website akan mendapatkan prioritas yang lebih tinggi.

2. Domain Age
Umur domain juga berpengaruh dalam penentuan posisi di search engine, semakin tua semakin mendapat prioritas.

3. Web For Search Engine
Lihat website yang ada di top 10, apakah ada website yang dibuat dengan menerapkan teknik SEO, coba lihat judul, deskripsi dan nama domain. Website yang dibuat khusus untuk mendapatkan posisi di search engine akan kelihatan dari judul deskripsi, dan nama dominan, semuanya akan terlihat sangat search engine friendly dan ada keyword yang ditulis berulang-ulang. Jika website seperti ini banyak bercokol di top 10, maka akan sangat sulit menembus top 10, karena otomatis kita harus bersaing dengan master SEO, yang mungkin menerapkan cara yang sama untuk mendapatkan rangking di google.

Supaya lebih mudah melakukan analisa gunkan SEO Quake, sebuahpluginFirefox untuk SEO.

Tips melakukan Keyword Research :

1. Tentukan di search engine mana akan melakukan optimasi
Jika di Google gunakan keyword research yang mampu menghasilkan volume pencarian dari Google, demikian juga juga di Yahoo dan MSN. Berikut ini keyword research service dan untuk search engine mana digunakan.

SEO Book Tool : Google, Yahoo, MSN
Tool yang sangat bagus bisa membandingkan hasil pencarian dari 3 search engine dan kita bisa menuju link dimana bisa melihat harga keyword.

Overture : Yahoo
Tool ini khusus digunakan untuk Yahoo.

Wordtracker : Yahoo
Tool ini lebih baik dari Overture, karena mampu memberi analisa yang lebih baik dari Overture.

2. Pilih keyword yang dicari 10.000 lebih perbulannya.

3. Jika susah mencari ide keyword, gunakan satu kata yang bisa dijadikan sumber inspirasi, misalnya “computer”, nanti akan ditampilkan kata-kata lain yang mungkin bisa digunakan.

4. Jangan memilih keyword yang hanya berjumlah satu kata. Keyword dengan satu kata akan sangat sulit untuk dioptimalkan karena biasanya yang berapa di top 10 adalah website-website yang sudah sangat terkenal.

You may also like...

4 Responses

  1. ardi says:

    apakah anda juga menerapkan teknik master seo seperti yang lainnya soalnya blg ini masuk di jajaran 10 besar ❓

  2. risna says:

    wah,tutor bagus,betul juga ya.jadi pingin nih nyari key word yang ok buat blog ku.trimmms….ya…

  1. September 24, 2010

    […] Good Keyword = Good Rangking […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *