Fakta Raflesia Arnoldi, Flora Endemik Indonesia yang Hampir Punah

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang sangat kaya. Baik itu budaya, flora, fauna dan hal-hal lain yang menarik. Salah satu kekayaan dari segi flora yang menarik cukup banyak perhatian adalah bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. 

Bunga yang memiliki nama Indonesia Padma raksasa ini merupakan salah satu tumbuhan parasit yang memiliki ukuran yang sangat besar. Bukan hanya besar, tapi ia memiliki warna mencolok dan tidak memiliki daun. Hal inilah yang membuat bunga ini menjadi salah satu bunga yang sangat menarik. 

Selain keunikan dari segi fisiknya, berikut ini adalah beberapa hal menarik yang dimiliki oleh tumbuhan langka ini. Apa saja? Berikut ini ulasannya. 

Bunga Rafflesia Arnoldi tidak sama dengan kantong semar 

Salah satu fakta yang harus diketahui adalah kenyataan bahwa Rafflesia Arnoldi berbeda dengan kantong semar. Rafflesia Arnoldi memiliki bentuk melebar dan besar sedangkan kantong semar memiliki bentuk tinggi dan mengantong. Kedua bunga ini yaitu Rafflesia Arnoldi dan juga kantong semar ini memiliki persamaan dari segi aroma busuk yang dikeluarkannya. 

Rafflesia Arnoldi bukan tumbuhan pemakan serangga 

Meski sama-sama mengeluarkan aroma busuk dengan bunga kantong semar, Raflesia Arnoldi tidak menggunakan aroma tersebut untuk menarik dan menjebak serangga. Hal ini disebabkan karena Rafflesia Arnoldi pada dasarnya bukan tumbuhan pemakan serangga. Ia menggunakan aroma busuk hanya digunakan untuk menarik perhatian lalat agar bisa melakukan penyerbukan. 

Tidak tumbuh di tanah

Keunikan dan fakta lain dari Rafflesia Arnoldi adalah lokasi bunga ini tumbuh. Bunga Rafflesia Arnoldi ini tidak dilakukan di tanah, melainkan Rafflesia Arnoldi ini merupakan bunga yang tumbuh di bagian tubuh inangnya. Ya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit yang hidup dengan menempel pada tanaman lainnya. Rafflesia Arnoldi hanya bisa tumbuh pada inang karena tanaman ini merupakan tanaman yang tidak memiliki daun sehingga ia tidak bisa melakukan fotosintesis sendiri. 

Rafflesia Arnoldi memiliki kemungkinan punah yang tinggi

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang sangat indah dan bisa dibilang sangat fantastis. Sayangnya bunga ini merupakan bunga Rafflesia Arnoldi ini memiliki kemungkinan punah yang tinggi. Kemungkinan punah yang tinggi ini disebabkan karena Bunga Rafflesia Arnoldi jantan dan betina jarang yang tumbuh bersama. Karena jarang bisa tumbuh secara bersama bunga Rafflesia Arnoldi ini memiliki kemungkinan penyerbukan berhasil yang rendah. 

Selain itu, bunga Rafflesia Arnoldi hal lain yang membuat bunga Rafflesia Arnoldi memiliki kemungkinan punah yang tinggi adalah karena hidupnya sangat pendek. Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang hanya hidup dalam waktu yang sangat singkat yaitu sekitar 5 hari hingga 7 hari. Setelah itu, bunga Rafflesia Arnoldi ini akan mati dan layu. 

Bunga Rafflesia Arnoldi tidak hanya ada di Indonesia

Salah satu fakta menarik lain dari bunga Rafflesia Arnoldi adalah mengenai asal dari bunga ini. Mungkin Anda bingung apakah bunga Rafflesia Arnoldi ini hanya ada di Indonesia atau ada di seluruh dunia. Jawabannya ternyata bunga Rafflesia Arnoldi ini merupakan bunga yang tidak hanya di Indonesia tapi bisa juga ditemukan di banyak negara dengan hutan tropis lainnya seperti di Filipina dan di seluruh daerah tropis lainnya. 

Punya banyak jenis dan variasi 

Nah, fakta lain yang harus Anda ketahui lainnya adalah mengenai jenis dan variasi dari bunga Rafflesia Arnoldi ini. Bunga Rafflesia Arnoldi ini pada dasarnya tidak hanya memiliki 1 jenis. Banyak orang berpikir bahwa bunga Rafflesia Arnoldi hanya ada 1 jenis karena biasanya gambar bunga Rafflesia Arnoldi yang ditampilkan secara umum hanya 1 saja. Akan tetapi ternyata ada banyak sekali jenis bunga Rafflesia Arnoldi yang bisa ditemukan. Jika dihitung berdasarkan varian dari bunga Raflesia Arnoldi ini kini sudah ada lebih dari 30 jenis di seluruh dunia. 

Ukuran dari bunga Rafflesia Arnoldi 

Bunga Rafflesia Arnoldi memang merupakan bunga yang dikenal dengan bunga raksasa, akan tetapi perlu Anda tahu bahwa bunga Rafflesia Arnoldi ternyata ada yang memiliki ukuran kecil yaitu sekitar 20 cm. Bunga Rafflesia Arnoldi terkecil ini adalah bunga Rafflesia Manillana

Leave a Comment