Dari Android 1.5 Sampai 2.3

Sebentar lagi Google dan Samsung akan meluncurkan ponsel berbasis Android Ice Cream pertama, yang merupakan versi terbaru dari Android. Ponsel tersebut akan di beri nama Nexus Prime atau Samsung Galaxy Nexus Prime. Kebanyakan sekarang ponsel Android masih memakai Android 2.2  dan juga Gingerbread. Bagi yang ingin tau perkembangan apa saja dari Cupcake ke Gingerbread, berikut ini perubahan dari versi 1.5 ke versi 2.2.

Android 1.5 (Cupcake)

Dari versi ini, tampilan Android dipercantik dengan beragam efek animasi. Fasilitas multimedia dikembangkan lagi dengan menambhakan fungsi video, fungsi Bluetooth A2DP dan AVRCP, fasilitas upload foto ke Picasa, upload video ke Youtube, dan tambahan sejumlah widget baru. Mulai dari versi ini pengguna bisa merekan dan menyaksikan video lewat Android.

Android 1.6 (Donuts)

Versi ini banyak memberikan funsgi baru dalam hal konekvitas,seperti dukungan CDMA/EVDO, WI-Fi standar 802 1x, dan VPN. Pengembangan lain ada pada Android Market,voice search (text speech engine), dukungan resolusi layar WVGA, framework untuk gestur, navigasi Google. Di seri inilah integrasi kamera perekam video, dan galeri dibentuk.

Android 2.1 (Eclair)

Eclair menerima banyak pembaharuan, baik pada optimasi hawrdware atau pun di sisi software. Fitur baru yang ditawarkan antara lain dukungan Microsoft Exchange, HTML 5, fungsi digital zoom,dan keyboard virtual baru. Tampilan interface lebih segar Live Wallpaper. Dukungan resolusi dan layar yang lebih besar juga disedikan, selain dukungan flash built-in, Google Maps yang lebih baik, Bluetooth 2.1, dan browser baru.

Android 2.2 (Froyo)

Froyo menjanjikan kinerja hardware yang lebih cepat, fungsi instalasi aplikasi ke memori eksternal, dukungan Adobe Flash 10.1, fitur Wi-Fi untuk membuat ponsel menjadi hotspot (tethering), perubahan user interface, dan juga voice dialing serta shaing kontak lewat bluetooth. Dukutan lain yang ada adalah dukungan resolusi layar lebih tinggi, dukungan password alfa numerik, dan pengembangan Android Marketplace.

Android 2.3 (Gingerbread)

Ini seri Android (stabil) terkahir. Banyak hal baru yang ditawarkan, dimana yang paling mencolok adalah interface barunya. Gingerbread mulai memberi dukungan fungsi telepon VoIP, Near Dield Communication, fungsi copy-paste yang lebih baik, keyboard multi-touch gaya baru, serta dukungan sensor baru (gyroscope and barometer) dan format video-audio baru (WebM/VP8 dan AAC). Fasilitas download manager dan dukungan lebih dari satu kamera juga tersedia.

Sebenarnya ada 1 versi lagi, yaitu Android 3.0 (Honeycomb). Versi ini diperuntukan khusus untuk tablet. Motorola mengklaim vendor pertama yang menggunkan Honeycomb dengan Motorola Xoom.

Android Timeline from Cupcake to Gingerbread

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *