Contoh Aplikasi Berbasis Ajax

Sekarang ini aplikasi web berbasis Ajax semakin berkembang. Dengan Ajax suatu aplikasi berbasis web lebih mudah diakses dan lebih interaktif. Pengunjung web tidak perlu lod seluruh halaman web untuk melihat perubahan data. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh web aplikasi berbasis Ajax.


1. Yahoo! Mail

Walaupun masih versi Beta menurut saya Yahoo! Mail yang baru lebih bagus. Penggunaannya lebih mudah, seperti pada Outlook Express. Untuk melihat isi email, kita tinggal klik pada judul email, maka isi email akan muncul pada bagian bawah. Untuk memindah email antar folder kita tinggal drag & drop, pokoknya jadi kaya Windows.

2. ebuddy

ebuddy merupakan versi Yahoo Messenger berbasis web. Kita bisa chating seperti di Yahoo Messenger , tanpa harus menginstal Yahoo Messenger. Ketika kita login, maka contact kita yang sudah ada di YM juga sudah ada.

3. Google Map

Website ini menyediakan peta dunia secara online. Kita bisa explore ke setiap penjuru dunia. Karena menggunakanAja, maka yang hanya petanya saja yang akan berubah ketika melakukan zoom.

3. Google Docs

Aplikasi ini merupakan versi web untuk Microsoft Word meskipun fitur-fiturnya tidak selengkap Microsoft Word. Keunggulan aplikasi ini adalah adanya fasilitas untuk berkolborasi dengan user untuk sama-sama mengedit suatu dokumen.

Itu hanya beberapa contoh aplikasi Web 2.o, untuk melihat contoh lainnya coba kunjungi http://www.tucows.com/Web_20/

You may also like...

1 Response

  1. Andri says:

    ok dech, kapan2 kita sharing ttg Ajax 2… 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *