Cara Jitu Melindungi Anak Dari Konten Dewasa di Youtube dan TikTok

Saat ini kebanyakan anak tidak lepas dari handphone dalam kesehariannya. Selain untuk keperluan belajar dan mengerjakan tugas, sebagian besar handphone di gunakan untuk menonton Youtube, TikTok, dan aplikasi hiburan lainnya. Sebagai orang harus memperhatikan konten yang diakses oleh anak-anak, karena kontent di Youtube dan TikTok sebagian tidak pantas ditonton oleh anak-anak.

Yang perlu di perhatikan saat anak menonton Youtube dan Tiktok

  1. Jika handphone dipakai orang tua dan anak secara bergantian, perlu diperhatikan kalau Youtube akan menampilkan video yang sesuai history penggunanya. Misal orang tua meonoton konten dewasa kemudian handphone dipakai anaknya, otomatis video-video yang tampil di depan adalah video yang berbau konten dewasa.
  2. Pencarian dengan kata-kata random di Youtuebe kadang menampilkan konten random yang kadang muncul konten-konten dewasa.

Cara melindungi anak dari konten dewasa:

1. Blok akses ke aplikasi Youtube dan TikTok dengan menggunakan App Locker. Aplikasi ini akan mengunci aplikasi tertenu dan untuk membukanya butuh kunci pattern atau sidik jari.

App Locker

2. Anak disarankan menggunkan Youtube Kids untuk mengkases youtube. Dengan Youtube Kids anak hanya akan bisa melihat video sesuai dengan umurnya. Saat penyetingan awal pastikan set umur sesuai umur anak.

Youtube Kids

3. Saat anak menggunakan HP sering-sering cek apa yang sedang ditonton. Selain Youtube dan Titktok di Facebook kadang juga ada konten-konten dewasa.

Cara Berhenti Langganan (UNREG) SmartFren Messenger

Terlanjur register SmartFren Messenger tetapi ternyata gak ada teman yang pakai ? Atau gak tau kalau ternyata harus bayar ? Read more

Email Palsu Yang Seperti dari PayPal

Kemarin pas cek email ada sebuah email mencurigkan yang bersubjek "New Message from Resolution Center" dariĀ [email protected] Memang kelihatannya dari Paypal Read more

Facebook Bakal Ditutup ?

Kabar mengejutkan datang dari Facebook. Jejaring sosial terbesar di muka bumi ini diberitakan bakal segera ditutup dalam waktu dua bulan Read more

Mencoba AutoeStore untuk Jualan Barang Amazon

Hari ini diberi tau kalau ada plugin WordPress untuk Amazon yang cukup bagus, namanya Auto eStore. Plugin ini bisa melakukan Read more

Leave a Comment