Cara Cepat Copas Warna

Meskipun saya suka dunia web programing, tetapi Jika disuruh membuat web dari awal (tidak pakai template), saya paling males. Saya paling gak bisa jika bikin web tanpa ada kerangkanya dulu. Biasanya sih ambil salah satu template terus dikembangin sendiri. Tetapi sekarang mungkin sekarang sudah tidak jamannya bikin web dengan coding sendiri jika hanya untuk web pribadi. CMS seperti WordPress dan Joomla siap digunakan, tanpa perlu repot-repot mikirin coding.

Meskipun sudah ada WordPress atau Joomla yang bisa diganti-ganti themenya sesuka hati, tetapi pasti ada saja yang kurang puas, akhirnya themepun masih di bongkar lagi. Biasanya saya melakukan perubahan theme hanya pada CSSnya. Kalau untuk coding lainnya gak begitu gak dong, melihatanya sudah pusing. Untuk membantu mengedit CSS terutama untuk pemilihan warna saya dibantu dengan software mungil yang bisa melakukan copas warna dari mana saja. Program mungil ini bernama Pixie.

Program ini dapat mengambil warna dari elemen-elemen yang ada di layar monitar dari halaman web, taksbar, gambar, dan elemen lainnya keitka kursor diarahkan ke suatu elemen. Hasilnya berupa kode warna dalam bentuk, Hexa, HTML (format yang biasa digunakan pada CSS), RGB, CMYK, dan HSV. Setealh didapatkan warna yang sesuai, kode warna dapat langsung dikcopy dengan menekan kombinasi Ctrl+Alt+C dan bisa langsung di paste di CSS.

Pixie

Daripada harus menebak kombisa kode warna yang jumlahnya ada jutaan, Pixie sangat berguna bagi suka ngubek-ngubek theme atau bagi yang suka bidang web designer.

9 thoughts on “Cara Cepat Copas Warna”

  1. selama ini saya cukup pake firefox ext., tapi ga bisa dipake buat nyolong kode heksa warna link kalo linknya dikasih warna hover berbeda. Pas disorot yang dapet warna hovernya, kan? Nah, sekalian tanya, Pixie bisa ngatasin itu gak?
    .-= VCC Gratis´s last blog ..VCC Gratis =-.

    Reply

Leave a Comment