Akhirnya Mimpi Buruk Blog Ini Berakhir

Beberapa minggu ini blog ini mengalami bencana, 2 kali down sekitar 10 hari. Down yang pertama penyebabnya adalah server hosting mengalami kerusakan,. Down yang kedua yang paling parah, server di bobol hacker bahkan server backupnya-pun ikut porak-poranda.

Siapa pemilik web yang tidak kebingungan yang sudah membangun webnya dengan susah payah tiba-tiba artikel, post, desain websitenya hilang dalam sekejap mata. Saya juga bingung setengah mati karena hosting provider saya tidak bisa dikontak karena email servernya juga down. Hari pertama sih saya pikir hanya down biasa tapi setelah 5 hari gak bisa dan dikabari kalau server dihack orang, saya mulai bingung plus pusing. Yang saya pikirkan hanya data blog ini, bagaimana kalau lenyap semua ? Sudah skripsi gak kelar-kelar malah ditambah masalah blog yang lenyap.

Mekipun agak jengkel dengan provider hosting yang kelihatannya kurang memperhatikan security, tetapi tetap salut karena pihak provider hosting dengan rendah hati menawarkan transfer hosting ketika server mereka down. Ini artinya mereka merelakan pelanggannya pergi ke provider lain, sesuatu yang sangat berat, tapi itu konsekuensi yang harus diambil jika hosting mengalami masalah yang berkaitan dengan data pelanggan.

Untungnya saya punya backup

Saya termasuk orang yang sangat beruntung diantara para pemilik website yang web hostingnya sama dengan saya, karena saya sempat melakukan backup file dan database. Karena tidak ada kejelasan apa data saya bisa kembali atau tidak saya sudah dua hari ini mencoba melakukan restore sekalian upgrade WordPress dan Plugin.

Semoga ini mimpi buruk yang terakhir untuk blog ini dan semoga proses restore dan selesai secepatnya.

You may also like...

1 Response

  1. tukang sapu says:

    langkah yang bijak.. kalo saya pernah crash minta dibalikin sama penyedia hostingnya. untungnya mereka melakukan backup setiap hari 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *