8 Nutrisi Teratas yang Dibutuhkan Tubuh Agar Berfungsi Dengan Baik

Nutrisi adalah bahan bakar yang dibutuhkan tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan baik. Ada berbagai nutrisi yang Anda butuhkan yang meliputi vitamin, mineral, dan asam amino. Selain itu, ada nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh Anda untuk alasan yang berbeda seperti seng dan zat besi untuk kekebalan dan magnesium untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik.

1. Zat Besi

Zat besi adalah mineral makanan yang penting. Ini tidak hanya digunakan untuk transportasi oksigen dalam darah, tetapi juga membantu menjaga sel darah merah dan meningkatkan kekebalan. Artikel ini akan membahas pentingnya zat besi untuk nutrisi tubuh dan mengeksplorasi berbagai cara untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi dalam tubuh manusia. Zat besi membantu transportasi oksigen, berkontribusi pada produksi sel darah merah, dan meningkatkan kekebalan. Artikel ini akan membahas makanan apa saja yang tinggi zat besi serta suplemen yang dapat dikonsumsi untuk menambah asupan zat besi bila diperlukan.

Zat besi ditemukan dalam sumber makanan berikut:

-kacang-kacangan dan polong-polongan

-roti dan sereal (dengan tambahan zat besi)

-sayuran berdaun hijau tua

-buah kering

-daging

-kacang dan biji-bijian

-oat (digulung atau cepat)

-teh (hitam, hijau, atau herbal)

-kuman gandum

-ragi

2. Air

Air adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan manusia, dan untuk mempertahankan gaya hidup sehat, perlu minum cukup air.

Air memainkan peran penting dalam produksi energi, stabilisasi suasana hati dan pengaturan suhu tubuh. Air juga membantu pencernaan dan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otot.

1) Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air yang membentuk sekitar 60% atau lebih. Tanpa air, Anda tidak dapat bertahan hidup lebih dari tiga hari.

2) Ini mengatur suhu tubuh Anda dengan menarik panas dari kulit Anda melalui keringat sehingga Anda tidak terlalu panas.

3) Ini membantu pencernaan dengan merangsang sekresi lambung yang memecah makanan untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik.

4) Ini membantu pertumbuhan otot ketika berjalan melalui jaringan ke

3. Protein

Protein sangat penting bagi tubuh manusia. Mereka memberi sel kita energi yang dibutuhkan dan membantu mengatur neurotransmiter yang mengontrol perasaan kita. Protein juga memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh kita, termasuk pembangunan dan perbaikan jaringan otot, sel-sel otak, rambut dan kuku.

Protein adalah nutrisi penting yang memberi kita energi untuk berfungsi dengan baik. Ini membantu mengatur neurotransmiter yang mengontrol perasaan kita, serta protein lain yang menghasilkan enzim yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh. Ini termasuk membangun dan memperbaiki jaringan otot, sel-sel otak, rambut dan kuku. Protein juga memainkan peran penting dalam mengatur kadar gula darah dengan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah untuk menyediakan bahan bakar ke organ lain saat dibutuhkan.

Protein ditemukan dalam sumber makanan berikut:

-Daging sapi, ayam, babi

-Telur

-Susu

-Produk susu

-Ikan

-Makanan laut

-Bubuk protein

4. Vitamin untuk nutrisi tubuh manusia

Vitamin adalah senyawa yang menyediakan berbagai nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan normal tubuh manusia tetapi tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup oleh tubuh.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan cukup vitamin adalah melalui diet sehat. Beberapa orang tidak mendapatkan cukup vitamin dari makanan mereka, jadi mereka mungkin membutuhkan multivitamin.

Vitamin ditemukan dalam sumber makanan berikut:

-Protein

-Telur

-Susu

-Keju

-Babi

-Daging sapi

-Ikan

-Hati

-kuman gandum

-Kacang almond

-Gila

5. Senyawa yang Melawan Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Peradangan ditandai dengan panas, kemerahan, bengkak, dan nyeri. Senyawa tertentu dalam makanan bekerja sebagai antiperadangan yang mengurangi produksi bahan kimia inflamasi dalam tubuh. Ini membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh cedera atau infeksi.

Makanan anti-inflamasi terbaik adalah:

1. Kunyit

2. Jahe

3. Kecambah alfalfa

4. Yoghurt

5. Kale

6. Alpukat

7. Berry

8. Asam lemak omega-3 bersifat anti-inflamasi.

9. Jahe – Kunyit – Kale – Almond

6. Serat untuk Keteraturan, Kesehatan Usus dan Manajemen Berat Badan

Serat merupakan salah satu nutrisi terpenting yang bisa kita konsumsi setiap hari. Serat memberi makan berbagai jenis bakteri yang hidup di usus kita dan usus yang sehat membantu mengatur berat badan dan keteraturan.

Fungsi utama serat adalah memberi makan bakteri baik di usus kita, yang kemudian menghasilkan bahan kimia yang disebut asam lemak rantai pendek sebagai produk sampingan. Ketika asam lemak rantai pendek ini memasuki aliran darah, mereka mengurangi kolesterol, mengatur gula darah, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Serat ditemukan dalam sumber makanan berikut:

-Produk gandum utuh

-Buah

-Sayuran

-Beberapa kacang-kacangan

-Gila

-Kacang polong

-Biji

-Beberapa produk susu

7. Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Untuk menjaga kesehatan tubuh, perlu bebas dari radikal bebas berbahaya. Antioksidan sangat penting untuk melawan radikal bebas ini dan menjaga tubuh tetap sehat. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu dengan berbagai jenis penyakit dan kondisi dari asma hingga osteoporosis.

Di masa lalu, satu-satunya sumber antioksidan alami adalah buah-buahan dan sayuran. Saat ini, ada banyak suplemen yang mengandung antioksidan dosis tinggi yang dapat membantu meminimalkan potensi risiko kesehatan. Mereka datang dalam banyak varietas seperti kapsul atau cairan dan bahkan bubuk untuk memanggang atau memasak.

Antioksidan ditemukan dalam sumber makanan berikut:

Antioksidan adalah zat alami atau sintetis yang dapat menetralisir efek radikal bebas.

Antioksidan ditemukan dalam berbagai makanan seperti brokoli, ubi jalar, bayam, dan kangkung.

Dianjurkan untuk makan berbagai antioksidan daripada berfokus pada satu jenis makanan untuk mendapatkan dosis harian Anda.

8. Lemak Sehat untuk Kesehatan Jantung dan Meningkatkan Daya Ingat

Kita dapat meningkatkan kesehatan jantung kita dengan makan jenis lemak yang tepat. Semua lemak tidak diciptakan sama, dan beberapa bahkan baik untuk kita. Kita perlu menyadari kebiasaan tidak sehat kita sehingga kita dapat menerobosnya dan meningkatkan kesehatan kita.

Kita perlu memperhatikan jenis lemak yang kita makan agar tidak terkena serangan jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya di kemudian hari. Tapi bagaimana Anda tahu lemak mana yang sehat? Tidak ada jawaban pasti, tetapi ada banyak bukti bahwa makan lemak sehat memberikan banyak manfaat bagi otak dan tubuh Anda.

Lemak Sehat ditemukan dalam sumber makanan berikut:

Beberapa lemak sehat ditemukan dalam sumber makanan berikut: kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan ikan.

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang pinus serta alpukat kaya akan lemak sehat. Biji-bijian seperti biji labu dan biji wijen juga memiliki beberapa lemak sehat. Ikan umumnya kaya akan asam lemak omega 3 yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang paling penting untuk dikonsumsi karena manfaat kesehatannya seperti menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan.

Masker Green Tea: Ciptakan Kulit Wajah Cantik Anda Secara Maksimal
Masker Green Tea: Ciptakan Kulit Wajah Cantik Anda Secara Maksimal

Melakukan perawatan wajah sangatlah penting terutama bagi para perempuan demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Apalagi wajah adalah bagian terluar yang Read more

Resep Makanan Ibu Hamil dari Trimester 1 Sampai 3
Resep Makanan Ibu Hamil dari Trimester 1 Sampai 3

Ketika memasuki masa kehamilan, para wanita pasti tidak ingin melewatkan resep makanan ibu hamil yang sehat dan aman dari trimester Read more

Susu Untuk Membuat Anak Bayi Lebih Gemuk
Susu Untuk Membuat Anak Bayi Lebih Gemuk

Seorang orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya bukan? Salah satu hal terbaik yang bisa Anda berikan pada anak Read more

Manfaat Jintan Hitam dan Putih untuk Diet
Manfaat Jintan Hitam dan Putih untuk Diet

Tidak hanya jintan hitam yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, namun juga jintan putih. Hal itu karena berbagai macam kandungan Read more

Leave a Comment