1 Tahun Berapa Hari? Perhitungan Minggu, Bulan, Jam, Menit dan Detik

Banyak orang tentu tahu rata – rata hari dalam setahun. Tapi hitungan ini tidak selalu akurat. Bagi yang menggali lebih dalam, hitungan waktu bisa berbeda. Coba ingat, rata – rata orang berkata 1 bulan terdiri dari 30 hari. Tapi hitungan ini tidak tepat karena ada bulan yang 30 dan 31 hari. Untuk dapat tahu 1 tahun berapa hari dengan lebih akurat. Mari bahas bersama dalam artikel ini!

Jumlah Hari Dalam Setahun

Pada kalender masehi ditentukan bahwa dalam 1 tahun selalu terdiri dari 365 hari. Tapi perhitungan ini tidak tepat. Hal yang tepat adalah 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Walaupun kurang tepat, lebih hari dan jam akan diakumulasi hingga menjadi perhitungan yang lebih bulat. Akumulasi ini ada di tahun kabisat. Setiap 4 tahun sekali, Anda akan menjumpai tahun dengan 366 hari.

Untuk membuat Anda lebih mengerti pembagian skala waktu 1 tahun, mari lihat pecahannya lebih jelas di bawah ini:

  • 1 tahun = 12 bulan
  • 1 tahun = 48 minggu
  • 1 tahun = 365 hari
  • 1 tahun = 8.760 jam
  • 1 tahun =  525.600 menit
  • 1 tahun = 31.536.000 detik.

Karena sudah mengerti pembagian di atas, Anda bisa mudah menghitung berapa hari dalam berapa tahun. Contoh:

  • 1 tahun = 365 hari
  • 2 tahun = 730 hari
  • 3 tahun = 1095 hari
  • 4 tahun = 1460 hari
  • 5 tahun = 1825 hari

Penghitungan ini hanya menggunakan perkiraan masehi yang standar dan bukan riil. Jika pakai riil, Anda harus perhitungkan lebih 5 jam 48 menit 45,1814 detik dari rotasi bumi. Tapi karena tidak umum, Anda cukup gunakan perkiraan matematikanya saja.

Jumlah Hari di 2021

Pada tahun 2021, jumlah hari yang bisa dihitung adalah 365. Hal ini karena tahun 2021 tidak tergolong tahun kabisat. Untuk penghitungan tahun biasa digunakan ukuran 365 hari. Anda bisa cek di kalender internet untuk konfirmasi jumlah hari yang tercantum di situ.

Penghitungan Hari Khusus Dalam Satu Tahun

Walaupun ukuran umum masehi sudah banyak diketahui untuk 1 tahun, penghitungan hari lain akan berbeda. Contoh saja saat menghitung hari kerja dalam satu tahun atau menghitung hari dalam satu tahun hijriah. Untuk menghitung jumlah hari khusus tersebut, mari lihat satu per satu di bagian ini!

Hari Kerja

Untuk hari kerja, hal ini ditentukan oleh kesepakatan pemerintah dan rata – rata kebijakan dari perusahaan. Untuk di Indonesia, Undang – Undang mengatur bahwa dalam satu minggu perusahaan bisa memilih 5 hari kerja dengan lama 8 jam operasi atau 6 hari kerja dengan lama 7 jam operasi.

Jika dihitung untuk pilihan 5 hari kerja dalam seminggu, maka dapat dihitung total hari kerja adalah 240 hari (48 minggu setahun, aktif 5 hari). Sedangkan untuk yang memilih 6 hari aktif dalam seminggu, hitungan hari kerja adalah 288 hari (48 minggu setahun, aktif 6 hari). Hari ini tentu berbeda dengan aturan negara ataupun perusahaan di luar negeri. Jadi Anda lebih baik cek dulu peraturan hari kerja perusahan untuk dapat menghitung hal ini.

Hari dalam Tahun Hijriah

Untuk penghitungan 1 tahun hijriah, Anda menggunakan satuan 354 hari umumnya. Untuk tahun kabisat, hitungan bisa jadi 355. Hitungan ini berbeda dengan tahun masehi yang menghitung dengan rotasi bumi dengan matahari. Untuk hijriah hitungannya berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi.

Hari dalam Tahun Imlek

Untuk perhitungan hari pada tahun Imlek, penghitungannya sama dengan tahun hijriah pada umumnya yaitu 354 hari. Tapi untuk tahun kabisat, hitungannya akan jauh berbeda. Tahun kabisat dalam hitungan imlek menunjukan 384 hari dalam satu tahun. Tahun kabisat di Imlek terjadi 2 sampai 3 tahun sekali dan menambahkan bulan ke 13 dengan jumlah 30 hari.

Bagaimana? Apakah sudah jelas tentang informasi hari dalam satu tahun? Mudah – mudahan bahasan di atas mampu menambah wawasan Anda!

Leave a Comment