WordPress Thread Comment Lebih Bagus Daripada Punyanya Brian

Saturday, August 9, 2008 13:20 | 5,450 views
Posted in category Wordpress Plugin

Bagi pemilik blog komentar dari pengunjung merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Bagi saya komentar yang masuk merupakan sumber motivasi untuk terus ngeblog. Meskipun komentar yang masuk tidak sebanyak blognya Malapu (udah tak kemabalin bola ping pongnya), Yudi, Persikers, ataupun temen-temen blogger lainnya tapi sudah cukup menjadi dorongan untuk terus menulis.

Setiap pemilik blog biasanya akan membalas setiap komentar yang masuk, tetapi sayangnya ada keterbatasan pada WordPress dalam urusan membalas komentar. Di WordPress tidak ada fitur untuk reply comment yang ditujukan langsung ke komentator sebelumnya. Untuk menyiasati masalah ini biasanya digunakan @nama atau menggunakan plugin thread comment, plugin yang palin populer adalah Brian’s Threaded Comments yang dulu saya pakai dannkelihatannya blognya Bimo juga memakai plugin ini. Tetapi karena plugin ini saya anggap banyak kekurangannya, maka saya beralih ke WordPress Thread Comment.

Ada beberapa keunggulan WordPress Thread Comment yang membuat saya mengganti Brian’s Threaded Comments

1. Install langsung jalan

Tidak seperti Brian’s Threaded Comments yang harus mereplace files comment.php, plugin WordPress Thread Comment setelah diaktifkan langsung berjalan tanpa mengedit theme.

2. Bisa langsung reply comment dari Dasboard

Biasanya untuk reply comment harus membuka postnya baru kemudian reply comment, dengan WordPress Thread Comment reply bisa langsung dari daftar comment di Dasboard.

3. Ajax Enabled

Ini fitur yang paling saya sukai, WordPress Thread Comment mendukung Ajax jadi posting comment dapat lebih cepat dan tidak perlu reload seluruh halaman.

4. CSS bisa diubah sesuai keinginan kita

Dalam option WordPress Thread Comment kita bisa mengedit format comment dengan mengedit CSS. Sedikit tips, untuk mengganti background color :


.comment-childs{
border: 1px solid #999;
margin: 5px 2px 2px 4px;
padding: 4px 2px 2px 4px;
background-color: #E9E9E9;
}
.chalt{
background-color: #f8f8f8;
}

.comment-childs : Comment level 1

.chalt : Comment level 2

Ganti nilai background-color di kedua class sesuai warna theme.

Kalau ganti ke WordPress Thread Comment, apa tidak akan error ?

Jangan khawatir jika mau ganti plugin dari Brian’s Threaded Comments ke WordPress Thread Comment tidak akan terjadi error. Struktur comment akan tetap sama. Hal ini dikarena sebenarnya kedua plugin hanya memanfaatkan struktur parent dan child pada tabel untuk comment yang memang sudah dibuat oleh wordpress.

Leave a Reply