Wordpress Plugin
WordPress Plugin Yang Sebaiknya Anda Tahu

Di WordPress plugin directory terdapat banyak sekali plugin yang bisa di gunakan untuk mengoptimasi blog kita baik dari segi tampilan maupun performa. Dengan banyaknya plugin yang tersedia malah membuat kita bingung plugin mana yang sebenernya perlu diinstal. Waktu pertama ngeblog dulu dalam satu blog bisa ada lebih dari 20 plugin karena penasaran ingin mencobanya. Tapi apakah sebernya perlu menginstall banyak plugin ? Sebenarnya menginstall banyak plugin lebih banyak ruginya karena hanya akan memperberat blog kita dan belum tentu berguna.

Saya sendiri hanya menggunkan plugin standar seperti All in one SEO pak, Google Sitemap, Contact form, Related Posts, dan Akismet. Selain plugin tersebut ada beberapa lainnya yang mungkin jarang digunakan oleh para pemilik blog. Beberapa plugin ini saya install karena dari fungsi memang sangat berguna.

1. Broken Link Checker

Ini plugin sangat berguna untuk mengecek link yang error atau image yang sudah di delete tapi masih ada dalam post. Plugin ini akan melakukan cek secara berkala dan mengirimkan report lewat email.

Broken Link Checker

2. Special Recent Posts FREE Edition

Berbeda dengan recent post milik wp yang tidak menampilkan gambar. Plugin ini akan menampilkan recent posts di sertai gambar yang sudah berupa thumbnail jadi ukurannya kecil. Selain itu plugin ini bisa menampilkan dan dan deskripsi post.

Special Recent Posts FREE Edition

3. WP CleanFix

Tahukah kamu dengan semakin seringnya kita melakukan posting, edit, delete semakin banyak pula sampah yang ada di dalam database wordpress. Contohnya setiap kita melakukan edit wordpress akan membuat post revision yang jumlahnya bisa ribuan. melakukan delete post juga tidak akan menghapus attachment dan tags post tersebut. untuk itu di butuhkan plugin ini yang akan menampilkan tags, attachment, category dan data yang tidak terpakai lagi. Setelah semua di delete kita bisa melakukan optimasi database lewat plugin ini.

WP CleanFix

4. Facebook Page Publish 2

Pernah pakai TwitterFeed untuk posting otomatis ke Facebook Pages ? Nah plugin ini fungsinya sama, hanya saja plugin ini mampu membuat thumbail dan link ke blog kita dengan tampilan yang menarik.

Facebook Page Publish 2

5. WP Minify

Dibandingkan plugin lain yang berfungsi untuk mengoptimasi CSS dan JS, plugin ini menurut saya paling efektif. Selain mampu mengompress CSS dan JS, plugin ini mampu memngompress HTML juga. Jadi semacam All in One plugin.

WP Minify

6. WP to Twitter

Plugin ini fungsinya hampir sama dengan Facebook Page Publish 2 hanya saja plugin ini untuk post ke twitter. Terus apa bedanya dengan Twitterfeed ? WP to Twitter mempunya kemapuan untuk menconvert tags menjadi hastag secara otomatis, asyik kan ?

WP to Twitter

7. Wordfence

Plugin ini masuk dalam kategori plugin keamanan untuk wordpress. Wordfence bisa mendeteksi perubahan kode theme dan plugin dengan membandingkan dengan kode aslinya. Jika ada yang melakukan inject, maka plugin ini dapat melakukan restore ke kode awal. Selain itu plugin ini dapat melakukan blok ip negara dan berbagai macam fitur security lainnya Versi premiumnya bahakan bisa melakukan scan di luar folder installasi wordpress dan melakukan scheduling scanning.

Wordfence

Bagi yang ingin berbagi plugin kesayangannya silangkan komen di isini. :grin:

About the author

Related Post

1 Comment

  1. Booth Pameran

    nambahin ini juga ajib: wp better security (salah satu fiturnya backup db ke email)

    klo db kebesaran, bisa pakai plugins lain saya lupa bisa backup ke dropbox

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *