Tips Mengoptimalkan Plugin All in One SEO Pack

Friday, June 13, 2008 5:57 | 4,759 views
Posted in category SEO

All in One SEO Pack merupakan plugin WordPress yang sangat berguna untuk memodifikasi judul, deskripsi, dan juga keyword secara dinamis sehingga blog WordPress kita lebih search engine friendly. Tetapi sebagus apapun plugin jika tidak dioptimalkan hasilnya akan kurang maksimal. Setelah sekian lama menggunakan plugin ini saya akan mencoba membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja plugin ini.


1. Pemilihan Judul, Deskripsi, dan Keyword
Pada Options All in One SEO Pack ada form judul, deskripsi, dan keyword. Isilah ketiga-tiganya. Judul, deskripsi, dan keyword yang Anda masukkan disini akan mereplace judul dan deskripsi yang ada di options WordPress (Setting>General). Judul dan deskripsi hanya akan mereplace judul pada meta tag title tetapi tidak yang ditampilkan pada halaman index (lihat gambar). Untuk keyword, All in One SEO Pack akan mengenerate meta tag keyword secara otomatis.
Wordpress SEO title

Pada gambar diatas judul yang diset dengan All in One SEO Pack akan ditampilkan pada
toolbar browser dan judul inilah yang nantinya akan ditampilkan oleh search engine pada hasil pencarian bukan judul “Cegah Satwa Punah”.
Judul, deksripsi, dan keyword yang kita set disini hanya diperuntukan untuk halaman index saja, untuk halaman post dan halaman lainnya akan ada penjelasan lebih lanjut.

All in One SEO Packakan generate meta tag seperti ini :

Wordpress SEO

Note :
Coba buka file header.php pada theme Anda cari dua baris code berikut, jika ada hapus saja soalnya All in One SEO Pack  akan membuat meta tag  deskripsi dan keyword baru kalau tidak dihapus nanti bisa dobel meta tagnya :
<meta name=”description” content=”” />
<meta name=”keywords” content=” ” />
2. Penulisan Judul Dinamis
All in One SEO Pack membuat kita bisa membuat format judul sendiri untuk setiap halaman wordpress secara dinamis. Untuk mengaturnya jangan lupa untuk mencentang Rewrite titles pada options All in One SEO Pack. Selanjutnya anda bisa mengatur sendiri bagaimana format judul yang anda inginkan.
Keterangan :
Post Title Format : judul ketika suatu post ditampilkan secara penuh.
Page Title Format : judul untuk halaman seperti About, Contact ,dll.
Category Title Format : judul untuk kategori
Archive Title Format : judul untuk halaman archive
Tag Title Format : judul untuk halaman tag
Search Title Format : judul untuk halaman hasil pencarian
Description Format: kurang tau untuk halaman apa
404 Title Format : judul untuk halaman yang tidak ditemukan atau sudah dihapus
Paged Format : ini juga saya kurang tau untuk apa

%post_title% | %blog_title% – > akan menampilkan judul post diikuti dengan judul blog. Saya sarankan untuk halaman post memakai format %post_title% saja supaya lebih enak dilihat dan tidak terlalu panjang.

Contoh : Google Page Rank Akan Di Update | Ismartshare

Note :
Semua format judul yang diatur disini merupakan format judul yang dilihat oleh search engine ketika mengindex blog Anda.

3. Pengaturan Lainnya
Use Categories for META keywords : nama kategori akan digunakan sebagai keyword (boleh dipilih boleh tidak, sukax2  :))
Use noindex for Categories, Use noindex for Archives, Use noindex for Tag Archives : sebaiknya dipilih supaya search engine tidak mengindek untuk mengindari duplikasi content. Halaman-halaman tersebut isinya hampir sama semua, yaitu berisi daftar post, jika dindek oleh search engine maka akan terjadi duplikasi content dengan halaman post.

Autogenerate Descriptions: Jika dipilih maka deskripsi untuk setiap halaman post akan di generate secara otomatis, biasanya diambil berapa karekter isi posting. Saya sarankan jangan dipilih tetapi nanti ketika melakukan post Anda isikan sendiri deskripsinya. Hasilnya akan lebih baik daripada pakai yang otomatis.

4. Membuat judul, deskripsi, dan keyword untuk setiap post.
Sekarang coba buat post baru Write>Post. Scroll ke bawah sampai ketemu menu All in One SEO Pack, klik pada sebelah ujung kanan atas menu tersebut, maka akan mucul form untuk mengisikan judul, deskripsi dan keyword. Isilah deskripsi dan keywordnya, biarkan judulnya kosong. Jika judulnya kosong maka akan memakai judul post. Untuk mengisi deskripsi bias copy paste dari paragraph pertama postingan Anda. Untuk keyword silahkan isi dengan keyword yang sesuai.

Wordpress SEO title

Wordpress SEO

Note :
Jika deskripsi dan keyword dikosongkan, maka meta tag deskripsi dan keyword juga akan kosong juga, jadi wajib diisi.

Maaf jika bahasanya agak kacau dan kurang jelas penjelasannya, bikinya udah ngantuk. Jika belum jelas silahkan komentar disini

Leave a Reply