Pligg screenshotImage via WikipediaSebelumnya saya sama sekali gak tau apa itu Pligg, cuma-cuma iseng-iseng download saja. Ternyata setelah dicoba tampilan dan fitur-fiturnya lumayan bagus. Setelah diubek-ubek saya baru tau kalau kegunaan Pligg ternyata untuk membuat semacam situs Situs Social Bookmarking seperti digg.com.

Installasi Pligg tidaklah sulit cukup 2 langkah installasi sudah selesai. Tampilan untuk template defaultnya lumayan oke, minimalis dan enak dilihat. Pligg sudah dilengkapi dengan RSS danTag Cloud seperti halnya WordPress. Setiap berita bisa di beri komentar, disimpan, dan juga dikirm lewat email.

Seperti CMS lainnya Pligg bisa diganti templatenya maupun ditambah modulnya. Template dan modulnya bisa diwonload di forumnya (forums.pligg.com). Sebenarnya template atau mod Pligg bisa digunakan di versi Pligg yang berbeda, tetapi entah kenapa di versi Pligg yang terbaru banyak mod dan template yang tidak kompatible.

Kekurangan PLIGG :

1. Adminya bisa bikin sakit kepala.

Meskipun Adminya sudah berbasis Ajax tapi banyaknya options yang ada dan pengkategorian yang kacau membuat sulit user. Contohnya saja jika mau mengubah judul situs harus muter-muter dulu, bahkan saya harus tanya ke forumnya karena tidak ketemu :(.

2. Edit Template Agak Susah

File templatenya lumayan banyak dan nama filenya juga kurang begitu user friendly.

3. Perlu Melakukan Banyak Setting Jika Ingin lebih SEO Friendly.

Untuk mebuat Pligg menjadi SEO friendly diperlukan banyak setting yang harus diubah seperti URLRewrite, pengaturan judul, description, keyword yang lumayan rumit.

Meskipun masih ada kekurangan disan-sini tapi Pligg patus dicoba. Saya sudah membuat situs menggunakan Pligg di www.downloader.web.id, gabung ya :)

PLIGG Resources :

Official Website : www.pligg.com

Forums, Template, and MOD : forums.pligg.com

Pligg SEO : SocialCMSBuzz :: Forum

About the author

Related Post

11 Comments

  1. Hilal

    hm.. cara installscriptnya gimana yah??

  2. prafangga

    thx gan atas pencerahannya 😆

  3. naryo

    Kalau lintasberita.com pake cms apa ya? ada yang tahu…?

    • Mara Mei

      Pakai Pligg juga kayaknya, tp udah di modif

  4. wahyu

    wah bagus nih pak, bisa buat mnjaring persahabatan juga sm blogger lain…

  5. willy

    ane baru buat tp pusingnya bikin kepala ane mau pecahhh
    susah amat adminnya

  6. Linked Buzz

    sebenarnya pligg open source, script hebat gratis tapi juga akan bekal cekak kantong kamu

    pertama jika user ramai, pasti perlu pake hosting yang minimal VPS bahkan dedicated…kalau share aduh bisa koit deh.

    Kedua…plugin nya jarang yang gartis, dan mahal. plugin, bahkan keperluan sewderhana aja untuk nambahin twitter dan facebook aja mesti bayar, ..mau buat sendiri tutorial nya jarang..bingung deh..jarang ada yang mau berbagi ilmu.

    Gue bilang Pligg cms gratis sekaligus ladang bisnis murni bagi pencetusnya..(wordpress juga begiotu..tapi ga pelit pelit banget, cos masih ada yang gratis dan bagus)

    ke tiga belum ada forum besar yang sharing otak atik pligg

    ke empat… tempalate ga kompatible ke setiap perubahan versi, perlu ada penyesuaian yang sulit. contohnya pligg versi 10 hanya bisa pakai template 10, ntar kalo update versi pligg, templatenya juga harus dirubah.

    ke lima…harus banyak keluar duit bisa tampil bagus, harus banyak belajar kalo mau gratis, pemula bakal kesulitan.

    BEDA sama wordpress.. templatenya banyak yang bagus dan gratis serta mudah diotak atik.
    plugin banyak banget gratis dan berbayar tergantung selera dan kebutuhan.

    forum berbagi pengalaman banyak banget, seo-nya oke…pokoknya wordpress saat ini adalah cms terbaik.termurah, dan bisa di jadikan apa aja. mau seperti diigg, bisa, directory juga bisa, iklan, blog prribadi , toko online dll deh.

    Kenapa aku bilang begitu…karena aku sedang megerjakan pligg saat ini, pengennya sih tertkenal kayak Digg, ga usah buat konten gitu loh…..sama-sama untung sama user. di beri konten aku beri link balik…

    Tapi socuial bookmarking…agak meragukan juga dengan algoritma Google Panda…yang benci dengan conetn farmer social bookmark, ezine article…bakal terpuruk.

    Pilih sendiri deh

    • images gallery

      bener banget setelah ane coba waoooo hosting ane jd berattt

  7. Obat Herbal

    Pligg kayaknya agak berat ya? Kenapa gak dibuat wordpress based yang pengunjung bisa register di dalamnya? Tinggal dikasih theme yang berformat social bookmark aja.

  8. ??? ????

    Thanks for finally talking about >PLIGG – CMS Untuk
    Buat Situs Social Bookmarking <Loved it!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *