Bagi yang punya blog yang di setiap artikelnya terdapat gambar pasti lama kelamaan file gambar akan semakin banyak dan ukurannya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan MB. Sebenarnya tidak masalah jika sudah menggunakan hosting sekelas Hawkhost atau Hostgator yang memang memberikan space yang cukup besar bahkan Hostgator tidak memberikan batasan space alias unlimited. Tetapi masalah muncul ketika ingin pindah hosting. Biasanya kita harus mendownload semua file wp-content jika memkai WordPress. Kalau cuma 1 – Mb mungkin tidak masalah jika harus mendownload kemudian mengupload ke hosting baru, tapi bagaimana jika ukurannya sampai 100 MB ?

Mendownload file 100 MB teteap saja lama, kecuali memakai koneksi 2Mbps. Tetapi proses upload jauh lebih lama, meskipun pakai speddy 1 Mbps rata-rata speed upload hanya 20 kb/s. Untuk mempercepat proses ini kita memanfaatkan fungsi “copy” dari PHP. Hanya dengan 1 baris kode kita bisa memeindahlan file berukuran besar bahkan sampai bergiga – giga.

Script untuk memindahkan file :

1. Buat file PHP dengan notepad atau code editor lainnya, misala copy.php.

2. Isi dengan :

<?php copy(“http://www.domainlama.org/wp-content.zip”, “wp-content.zip”); ?>

Cara memindahkan file :

1. Compress folder di hosting lama yang ingin di pindahkan

2. Upload file PHP yang dibuat tadi ke hosting baru, letakkan di folder dimana file akan di extract.

3. Sekarang akses file php tadi, misal htttp://www.domainbaru.com/copy.php

4. Tunggu sampai loading selesai

5. Sekarang cek apakah file sudah ter-copy. Jika berhasil seharusnya file sudah ter-copy difolder yang sama dengan tempat file copy.php

Sekarang tinggal extract saja file tadi.

Finish.

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *