Setiap theme WordPress pasti mempunyai sidebar, baik itu di kanan atau kiri. Jumlahnya ada ada yang hanya 1 tetapi ada juga yang sampai 4, namun standarnya hanya ada 1 atau 2. Sebenarnya 2 sidebar sudah cukup untuk menaruh element WordPress standar seperti Category, Recent Posts, Reccent Comments dan elemen lainnya. Tetapi biasanya di sidebar terdapat terdapat berbabai macam widget seperti MyBlogLog, Affiliate link, Adsense, dan paid link, akibatnya sidebar menjadi penuh sesak dan panjang, seperti blog ini conothnya, selain penuh sesak juga jadi berat loadingnya.

Supaya sidebar tidak kelihatan penuh sesak, saya akhirnya menemukan plugin yang cukup lumayan bagus, namanya Fun With Sidebar Tabs. Plugin ini berupa widget yang akan membuat ab di sidebar. Setiap tab bisa diisi dengan widget apapun. Untuk demonya bisa dilihat pada sibebar di blog ini.

Setelah plugin ini diaktifkan masuklah ke bagian Design>Widgets. Add widget Tabbed Sidebar 1, kemudian klik Save. Setalh itu akan muncul satu sidebar baru bernama Tabbed Sidebar 1, nah disini kamu bisa memasukan widget apa saja yang akan dimasukkan dalam Tab.

Tips :

1. Untuk beberapa theme mungkin tampilannya akan kacau, oleh karena itu saya sarankan mengisi Title di setiap widget yang dimasukkan.

2. Jika tampilan isi tab terlalu naik tambahakan <br /> diatas code yang dimasukkan.

Jika kurang jelas tentang cara pemakiannya silahkan lihat video ini :

About the author

Related Post

10 Comments

  1. malapu

    sangar,…. langsung deh di pake di iklan baris ku.. wkekek

    malapus last blog post..Berita Duka

    • Mara Mei

      Makin seirus aja bisnis iklan barisnya 😉

  2. a-rief

    makasih infonya. ini yang lagi aku cari. aku coba dulu ya..

  3. santosogmai

    Nice info gan.
    bermanfaat banget bagi gw yang sedang belajar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *