CD LabelBagi yang hobi mengoleksi berbagai macam CD/DVD, pemberian label CD merupakan hal yang wajib. Dengan adanya label kita bisa lebih mudah mencari film atau file yang ada dalam suatu CD. Bayangkan jika punya setumpuk CD yang tidak ada keterangan tentang isi CD, kita harus cek satu-satu isinya !
Pemberian label pada CD selain untuk memberi keterang tentang isi CD juga untuk memperindah tampian CD. Kertas label biasanya bisa didapatkan di toko yang menjual CD/DVD blank. Harganya sekitar Rp. 500,00 bisa untuk 2 CD. Untuk menulis di kertas label bisa digunakan Nero CoverDesigner yang sudah satu paket dengan Nero Burning Rom.

Masalah yang sering muncul dapam penulisan label adalah tidak pasnya ukuran label dari nero dan kertas label yang kita punya, alhasil ketika print gambar atau tulisan melenceng. Supaya bisa pas, kita harus membuat ukuranlabel sendiri.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. File>Paper Stocks
2. Pilih Add Stocks. Berikan nama dengan awalan huruf “A” supaya mudah mencarinya. Ganti ukurannya : Width = 130.200 mm dan Height = 250.300 mm.

Paper Stocks

3. Klik Add Item>Label
Masukan ukuran berikut ini :
– Outer Radius : 56.500 mm
– Inner radius : 9.450 mm
– Position X : 8.550 mm
– Position Y : 7.600 mmCD Label

4. Buatklah file baru. File>New.
5. Masuk kebagian Disc (sebelah kiri bawah), pilih Paper Stocks yang sudah dibuat.

Paper Stocks

6. Jika sudah selesai mengeditnya, pilih File>Print>Elements. Hilngkan semua pilihan kecuali Disc 1.

CD Label

7. Print.

Tips ini saya coba dengan Nero 7, ukuran kertas label 130.200 mm x 250.300 mm. Ukuran kertas label biasanya sama tapi untuk lebih akurat coba ukur sendiri dengan penggaris, kemudian masukan hasilnya pada width dan height Paper Stocks.

Jika tidak ingin repot melakukan langkah-langkah diatas, anda bisa download setting yang telah saya buat. Setelah di download buka dengan Nero CoverDesigner.

Download Sample

About the author

Related Post

32 Comments

  1. Juandy

    Boleh tau ukuran di bawah ini berdasarkan apa ya. Maksud saya ukuran kertas label kan berbeda-beda jasi saya mau sesuaikan dengan punya saya. Thanks ya.

    – Outer Radius : 56.500 mm
    – Inner radius : 9.450 mm
    – Position X : 8.550 mm
    – Position Y : 7.600 mmCD Label

    • joko

      :sad:maksud dari posisi x dan y itu sebelah mana,tolongggggg

  2. Mara Mei

    Itu berdasarkan ukuran kertas label saya

  3. kalunggaezy

    Bos.. oke nih artikelnya Thanx’s ya..
    tapi gw masih ada yang bingung nih. tolong donk jelasin di paper stock, x/y itu apa? gmna cara nentuin titik kordinatnya soalnya gw kadang2 kalo ngeprint mash ska ga pas. sama outer radius iner radius. thanx’s ya..

    • Mara Mei

      Wah yang aku beli gak ada merknya.

  4. DelQ

    terima kasih
    tutorialnya sangat membantu… 😆

  5. SUGI

    thanks banget ya.. ane merasa terbantu sekali dengan tulisan ini…

  6. Deddy

    sy sdh coba print tp msh ga pas….kertas cd lebel yg sy pake merk Anggel dg ukuran kertas 12 cm x 25.5 cm yg terdapat 2 cd…gmn dunk

  7. Tante Warnet TarQ

    Thks infonya, udh saya coba dan bisa,
    tapi masalahnya, pada saat di print ada garis lingkaran baik yang diluar maupun yang didalam, gimana dong cara ngilangin garis lingkaran nya itu ?

  8. Ands

    Makasi infonya Bos……. 😉 😉 😉

  9. ALEXPRIBADI

    thank you verymuch help to me mudah-mudahan bisa karena saya belum mencoba ini masih pemula tapi sudah stw maklum hoby buat label cd biar gagah cdnya yauhhhhhhhhhhhhh.

  10. dedi rainer

    😉
    bagus bagus…..semoga tambah banyak lagi postingannya……
    SUCCESS 4 U

  11. ali

    setelah sekian lama di bikin pusing,, akhirnya…………….., makasih

  12. jasmada

    thanks bos atas sharing ilmu, masalah q jadi terpecahkan, mg makin byk ilmu nya bos

  13. adeng

    Thanks infonya….

    pi ko msih ga pas yaa pas di print
    saya pake kertas merek CHAMPION CD-R STICKER yang GLOSSY

  14. syafrina

    wah berguna bgt neh..thanks ya
    tp kalau ingin manual , buat aja di coreldraw settingannya mudah ko..

  15. jnanayoga

    terimakasih infonya bro…

  16. blide

    thank infonya, sangat membantu
    cuma masih belum berhasil aja. untuk ukuran kertas pas ngepintnya gmana. masih kacau 😯

  17. numara

    gan klo untuk ukuran dvd box berapa ya?.

  18. budi

    trimakasih banyak bro….,sukses.. 😛

  19. duldit

    kurang pas boz….uteke konslet lah 😈

  20. Ahmaddoen

    Itu sangat membantu sekali gan .. Tp ada masalah sedikit nih saya
    Kenapa ya setelah saya save trus saya close Nero nya kemudian saya cari file yg tadi pas saya buka kembali gambar dari label cd tersebut berubah warna(seperti warna Film) .. tolong pengertiannya dong .. Thank’s

  21. DINCHT

    ini gimana downloadnya ? mau dongs 👿

  22. yuliantie

    😉 thanks info nya…
    ku akn mncoba,,
    smga bisa,,,
    amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn 😉

  23. AGUNG

    MAS MAKASIH BANGET YA MAS. SANGAT MEMBANTU SAYA DALAM PEKERJAAN. SUDAH SAYA COBA DAN BERHASIL TANPA MASALAH TQ YA MAS. MANTAP. 😛

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *