10 Worpress Plugin Yang Harus Diinstall

Bagi pengguna [tag]Worpress[/tag] pasti pernah install plugin ini install plugin itu sampai tak terhitung jumlah plugin yang terinstall. Memang kebiasaan install banyak plugin sering dilakukan oleh pengguna WordPress karena banyaknya plugin yang menarik dan menggoda untuk dicoba. Tetapi menginstall banyak plugin hanya akan memperlambat loading blog karena plugin juga harus mengeksekusi file PHP dan query MYSQL. Oleh karena itu sangat disarankan hanya menginstall plugin yang memang benar-benar sangat dibutuhkan.

Jika bingung plugin mana yang sebenarnya sangat dibutuhkan dan banyak disarankan orang, berikut ini 10 plugin yang memang sangat dibutuhkan :

1. FeedBurner
Plugin ini sangat berguna untuk meningkatkan feature pada feed blog dengan mengintegrasikan feed blog dengan FeedBurner.com. Dengan FeedBurner kita dapat menambahkan tag, link untuk submit ke social bookmarking, email me, dan fasilitas lainnya.

2. Advanced Admin Menus
Plugin ini akan mengubah tampilan menu admin menjadi drop-down. Jika biasanya untuk mengakses menu Theme Editor harus klik Presentation, tunggu loading, baru bisa klik Theme Editor dengan plugin ini bisa langsung mengakses menu Theme Editor ketika kursor diarahkan ke Presentation Menu.

3. All In One Seo Pack
Ini plugin wajib yang tidak boleh tidak diinstall. Dengan Plugin ini judul blog dapat diatur dengan mudah. Kita bisa mengatur judul dihalaman utama, single post, ataupun page. Selain itu All In One SEO Pack mempunyai kemampuan untuk generate description untuk setiap halaman post. Perlu diketahui secara default WordPress menggunakan deskripsi yang sma untuk semua halaman, meskipun itu halaman singel post.

4. Briansthreadedcomments
Dengan plugin ini komentator di blog dapat langsung membalas komentar dengan meletakkan jawaban komentar didalam kotak komentar utama. Jadi komentar dapat lebih enak dilihat.

5. Subscribe To Comments
Plugin ini untuk memberitahu komentator diblog kita apakah ada komentar terbaru melalui email.

6. WP Cache
Wordpress merupakan CMS Blog yang cukup berat ketika diakses. Dengan WP Cache akses ke blog kita dapat dipercepat. WP Cache akan membuatkan cache halaman yang sering diakses, sehingga ketika halaman tersebut dikunjungi kembali tidak perlu mengeksekusi query ke database.

7. Executable PHP Widget
Secara default WordPress yang mampu menampilkan text code di sidebarnya. Execphp merupakan widget plugin untuk meningkatkan kempampuan WordPress untuk mengeksekusi kode PHP di sidebar.

8. Share This
Social bookmarking memegang peranan penting dalam blogging. Dengan Social bookmarking kita bisa mendapatkan backlink dan juga pengunjung.Oleh karena itu dibutuhkan Share This untuk akan mempermudah orang memasukkan blog kita ke situs social bookmarking. Share This akan menampilkan link untuk submit artikel ke Didd, Bloglines, dan situs soacila bookmarking lainnya.

9. Akismet
Yang punya blog dengan banyak komentar pasti pernah merasakan betapa menyebalkan banyaknya komentar spam yang masuk. Aksimet merupakan solusi untuk mengatasi spam yang menjengkelkan. Setiap komentar yang sudah kita tandai sebagai spam jika nanti masuk lagi, maka akan otomatis dimasukkan ke kategori spam. Secara Default plugin ini sudah terinstall, jika belum diaktifkan saya sarankan aktifkan plugin ini karena akan sangat berguna.

10. Google Sitemap Generator
Plugin ini akan membuat Google Sitemap untuk blog kita secara otomatis. Sitemap ini bisa digunakan untuk di submit ke Google Sitemap suapaya blog kita lebih mudah di kenali oleh Google.

Ada yang mau menambahkan ?

You may also like...

16 Responses

  1. handy says:

    makasih atas infonya kebetulan aku juga baru instal wordpress minggu kemarin dan kurang begitu ngerti sih tapi bagus juga 🙂

  2. adith says:

    untuk plugin wp-cache masih memiliki lubang kelemahan dan lubang kelemahan ini dapat dimanfaatkan oleh hacker. saya menyarankan untuk mendownload versi yg terbaru.

  3. Armand says:

    Wah gitu ya. Saya mau beralih ke wordpress nih, tapi belum punya konsep/ide baru.

  4. persikers says:

    mas kalo plugin TinyMCE Advanced tuh nyetingnya gimana to? aku dah instal n upload + aktifkan plugin cuma waktu mau nulis kontent kok tetep aja ga ngaruh (ga bisa kasih warna, justifynya juga ga ada,dll)
    thanks yah

  5. Izandi says:

    Terimakasih! Sangat berguna buat pemula seperti saya.

    Izandis last blog post..Simon Nixon, Kaya Berkat Internet

  6. Izandi says:

    Mau tanya nih. 10 plugin itu bisa ga buat wordpress 2.5.1? Maksudnya compatible ga? Terimakasih

    Izandis last blog post..Font “Split Splat Splodge”

  7. dody wirawan says:

    Selamat malam Mass…,saya dody wirawan ?, saya sudah upload feedburner ke dalam website saya dan setelah itu saya aktifkan feedburner melalui area administrasi wordpres saya , kemudian yang saya tanyakan langkah saya berikutnya apa…?,terima kasih atas balasannya dan saya tunggu. from dody

  8. hasyeem says:

    wah makasih banyak …. ya akhirnya yang aku cari ternyata ada disini semua…..

  9. makasih infonya, sangat bermanfaat. lam kenal yah..baru belajar WP nih..
    .-= computer support´s last blog ..Fourth Generation Computers =-.

  10. makasi infonya mas

  11. entrimedia says:

    wow… info yang sangat berguna…..

    ada gak plugin untuk memperingan loading blog….

  12. deep says:

    Nice share mate,, i really like this info, i user more plugin that you recommended
    thanks

  13. iklan baris says:

    saya paling suka dengan plugin All In One SEO Pack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *